Lestarikan Budaya, Jonaidi SP Buka Festival Jaranan Seluma

  Lestarikan Budaya, Jonaidi SP Buka Festival Jaranan Seluma

Festival jaranan--

 

 

SUKARAJA, Radar Seluma.Disway.Id,  - Dalam upaya melestarikan seni budaya di Kabupaten Seluma. Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, Jonaidi, SP MM, kembali menggelar pergelaran seni budaya di Kabupaten Seluma. Setelah sebelumnya sempat menggelar festival Pencak Serawai. Kali ini kembali membuka pergelaran seni budaya Jaranan.

 

BACA JUGA: Sisa Jabatan 2 Tahun Lagi, Kades Padang Pelawi Seluma Resmi Mundur Karena Nyaleg

 

Dalam pergelaran seni budaya Jaranan yang telah digelar pada Minggu (20/8) di lokasi lapangan sepak bola Bukit Peninjau Satu (BP 1), Kecamatan Sukaraja. Langsung dibuka oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP MM.

 

 "Semoga kegiatan festival jaranan ini bisa membawa kebahagiaan untuk masyarakat Kabupaten Seluma. Bisa mencetak bibit unggul yang bisa mengenalkan keluar melalui kesenian budaya jaranan," sampai Jonaidi, SP MM dalam sambutannya.

 

Selain di dalam melestarikan seni budaya. Festival Jaranan ini juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-78 tahun 2023. Setidaknya ada sebanyak 13 group seni jaranan yang berada di wilayah Kabupaten Seluma yang ikut dalam kegiatan Festival Jaranan tersebut.

 

Ke 13 grup jaranan yang tampil yakni, seni budaya Jaranan dari Mekar Indah Budayo, Try Setyo Budayo, Turanggo Mulyo, Mustiko Budoyo, Setio Konco, Turonggo Wahyu Manunggal, Taruna Sakti, Kuda Lumping Rukun Santoso, Sekar Budayo, Wahyu Turonggo Joyo, Krido Budoyo Lajur Satria Sejati yang ada di wilayah Kabupaten kabupaten Seluma.

 

Sumber: