Harga Sawit di RAM Padang Pelasan 1,870/Kg, di Bengkulu Utara Lebih Mahal. di Pabrik sudah di atas 2000

Harga Sawit di RAM Padang Pelasan 1,870/Kg, di Bengkulu Utara Lebih Mahal. di Pabrik sudah di atas 2000

Bongkar muat sawit di RAMP--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Ini kabar baik bagi petani swit di Seluma. Harga sawit kembali naik. Bahkan di RAM Padang Pelasan harga sudah mencapai Rp. 1870. naik dari sebelumnya 1840 per kg.

 

BACA JUGA:Pembangunan PPN Pasar Seluma Bengkulu, Terhambat Kelangkaan Solar

 

Harga ini tentu sangat membantu petani. Apa lagi dijual langsung ke RAM Padang Pelasan dan 3 RAM lagi milik mereka di Sukaraja. ''Aku tadi jual 1870. Lah dicatat juga di papan pengumuman RAM Padang pelasan. Caknya RAM ini terbuka dengan harga. Tidak seperti RAM lain, tidak ada tulisan harga di papan depan RAMnya,''ujar Sarbudin warga Lubuk Sandi saat menjual sawitnya sekitar 400 kg ke RAM tersebut.

 

Tapi RAM ini, pemilik TBS harus cepat menjualnya. Karna RAM ini hanya memenuhi truknya lalu berangkat.

Selain itu, RAM ini menerapkan sortiran. Hanya buah yang masak yang diambil.

Sementara toke di Lubuk Lagan juga sudah mulai menaikkan harga sawit warga. Dari sebelumnya 1400 menjadi 1500. Bahkan jika diantar sendiri ke tokenya 1550.

''Iya ada kenaikan. Sekarang sudah 1500. Kalau diantar sendiri itu 1550/kg. Kenaikan ini akibat di pabrik juga mengalami kenaikan harga. Jadi kami naikkan juga harganya,''ujar Dermawan.

 

Gunawan, warga Talang Tinggi mengaku sebelumnya menjual sawitnya dengan harga 1460/kg. ''Iya katanya naik. Tapi kemarin saya menjual dengan harga 1460 di kebun. Tokenya yang ambil. Mungkin sekarang sudah di angka 1500,''jelasnya.

Sumber: