Waspada Rabies, Sudah Tujuh Warga Seluma Dilarikan Puskesmas Kembang Mumpo

 Waspada Rabies, Sudah Tujuh Warga  Seluma Dilarikan Puskesmas Kembang Mumpo

Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Syawaludin--

 

 

TAIS, Radar Seluma.Disway.Id, - Masyarakat yang berada di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) pada saat ini tengah dibuat resah, dengan masih berkeliarannya anjing gila di wilayah pemukiman masyarakat. Hal tersebut lantaran, sampai saat ini sudah ada sebanyak 7 orang warga setempat yang telah menjadi korban gigitan anjing gila yang diduga mengidap rabies.

 

BACA JUGA: Berkat Kegigihan Rendy Kjaernett, Lady Nayoan Terima Proposal Damai

 

Hal tersebut sontak membuat kondisi Puskesmas Kembang Mumpo menjadi ramai. Dengan banyaknya warga yang datang lantaran menjadi korban gigitan anjing gila. Berdasarkan laporan yang telah diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma. Dalam waktu 3 hari terakhir ini, sudah sebanyak 7 orang warga dari beberapa desa yang berada di Kecamatan SAM yang terkena gigitan anjing yang diduga mengidap rabies.

 

"Iya kita sudah menerima laporan dari Puskesmas Kembang Mumpo. Ada 1 orang digigit anjing piaraan sendiri. Serta 6 orang lainnya digigit anjing liar," sampai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S Sos melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Ridwan, MKm.

 


Kasus gigitan anjing di BS--

Dengan hal tersebut dirinya berharap kepada masyarakat. Untuk dapat meningkatkan kewaspadaan, lantaran sampai saat ini anjing liar yang diduga mengidap rabies masih berkeliaran dan belum berhasil diamankan. Pihaknya juga mengingatkan, bagi masyarakat jika terkena gigitan anjing liar. Untuk dapat segera mencuci luka bekas gigitan dengan sabun dan air mengalir selama 15 menit.

 

Serta dapat disegerakan untuk dilakukan suntik Vaksin Anti Rabies (VAR) yang persediaannya saat ini diklaimnya masih aman di gudang farmasi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma.

Sumber: