Upacara Pemakaman Ngaben di Suku Bali! Banyak Dilakukan Warga Hindu

Upacara Pemakaman Ngaben di Suku Bali! Banyak Dilakukan Warga Hindu

Ngaben atau pemkabaran jenazah di agama Hindu--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Upacara pemakaman yang dikenal di Suku Bali adalah Ngaben. Sebennarnya ini, lebih ke proses pemakaman dengan agama Hindu. Karena setiap agama Hindu, wajib melakukan Ngaben

Salah satunya umt hindu di Bali., bahkan umat Hindu di Bengkulu yang ada di Bengkulu Utara, Kepahiang dan kabupaten Seluma. Begitu juga umat hindu di lampung yang keberadaannya  cukup banyak.

 

BACA JUGA: Konvergensi, Pemkab Bengkulu Selatan Percepatan Penurunan Stunting. Wabup BS Sangat Konsiste Pehatikan

 

Ngaben ini dalam hindu  sifatnya wajib. kesulitannya,  upacara pembakaran jenazah ini memakan biaya  banyak, sehingga memberatkan jika keluarga yang ditinggalkan jenazah adalah orang yang tidak mampu. Sehingga munculah Ngaben massal. Dibali dan daerah lain, juga dikenal dengan Ngaben masalah.

Dimana orang yang mati dititip dulu dimakam dan saatnya nanti, setelaha da beberapa orang yang meninggal, maka dilakukan Ngaben ini. Yakni membakar jenazah, atau yang telah meningal.

Sehingga kalau dilakukan massal, maka akan semakin sedikit biaya yang dikeluarkan.

 

Jadi sebelum dilakukan Ngaben, untuk enunggu beberapa yang akan melakukan ngaben atau dibakar, maka jenazah terlebih dahulu dikubur terlebih sampai tiba saatnya mengikuti Ngaben Massal.

 

Ada beberapa ritual di Ngaben ini, yakni  ‘ngulapin’. Ngulapin ini  dari bahasa Jawa Kuno berasal dari kata ‘ulap’ yang artinya adalah silau. Untuk upacara atau ritual ini,  akan dilaksanakan jika jenazah yang meninggal adalah korban kecelakaan atau meninggal karena sebab yang tidak alamiah.

Sumber: