Dinkes Seluma Gencar Vaksin Cegah Penyakit pada Kelamin

Dinkes Seluma  Gencar  Vaksin Cegah Penyakit pada Kelamin

Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Syawaludin--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway. Id, Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma,  akan melakukan vaksin HPV pada anak di Kabupaten Seluma. Kegiatan ini akan langsung turun dari faskes di daerah masing-masing di Seluma.

BACA JUGA:Pengawasan dan Pembinaan Perizinan Berusaha Pelaku Usaha di Bengkulu Selatan

Vaksin HPV itu sendiri adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papilomavirus (HPV). Vaksin ini bisa diberikan kepada anak-anak yang memasuki masa remaja. HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, termasuk kutil kelamin.

 

Rudi Syawaludin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma melalui Lihardi sebagai koordinator menyampaikan Vaksin ini sangat membantu untuk mencegah dan menurunkan kejadian kanker genital, khususnya kanker serviks, meskipun tidak dapat mengobati infeksi HPV secara keseluruhan.

 

 

" Vaksinasi HPV diberikan kepada anak perempuan untuk mencegah risiko kanker leher rahim atau kanker serviks. Sudah berjalan namun belum merata di Kabupaten Seluma, juknisnya sudah ada untuk melakukan vaksin" ungkap Lihardi.

 

Ditambahkannya, Vaksin HPV akan bekerja lebih baik jika diberikan sebelum terpapar virus HPV, yaitu ketika masih anak-anak.

Vaksin ini juga dapat diberikan kepada orang dewasa yang belum pernah atau belum menerima vaksin HPV lengkap.

BACA JUGA:Wagub Bengkulu Pantau Normalisasi Sungai dan Bendungan di BS! Penampung Air Stabil

 

Sumber: