Rusak Berat, Delapan Mobil Dinas Kades di Seluma Diajukan Lelang

Rusak Berat, Delapan Mobil Dinas Kades di Seluma Diajukan Lelang

Kadis perkim Seluma, Erlan--

 
PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Salah satu yang menjadi catatan aset yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma adalah Mobil Operasional Kepala desa. Pasalnya saat ini ada 89 mobil yang dipegang oleh desa namun masih tercatat sebagai aset Pemkab Seluma.
 
 
Sehingga hal ini dianggap membebani catatan aset bagi Pemkab Seluma saat dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bengkulu.
 
Sehingga Pemkab Seluma melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) sudah mengajukan lelang delapan unit mobil dinas Kades yang sudah rusak berat dan kemudian juga akan menghibahkan mobil desa (mobdes) kepada desa pemegang untuk kondisi yang masih layak.
 
"Ada delapan unit yang kita ajukan untuk dilelang karena kondisinya sudah rusak parah dan sudah masuk dalam kategori limbah. Selain itu kami juga sedang mempersiapkan seluruh administrasinya. Agar penyerahan hibah mobdes ke desa ini selesai. Sehingga semua mobil desa yang saat ini dipegang desa menjadi milik desa sepenuhnya. Serta tidak masuk lagi dalam catatan aset milik Pemkab Seluma," kata Kepala Dinas Perkimhub Seluma, Erlan Suadi, kemarin.
 
 
Lebih lanjut, Erlan mengatakan jika mobdes sudah diserahkan ke desa. Maka tanggungjawab desa untuk melengkapi semua kelengkapan kendaraan akan semakin besar. Salah satunya melakukan uji kelayakan di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB). Sehingga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Seluma. "Kalau selama ini karena mobil masih tercatat milik Pemkab Seluma. Jadi kades banyak yang enggan mengurus KIR di BPKB. Tapi jika sudah diserahkan ke desa. Maka kesadaran untuk melakukan uji KIR akan semakin baik," tegasnya.
 
 
Saat ini 89 mobdes yang dipegang oleh kades ini jenis Toyota Hilux single cabin, kemudian Suzuky Carry Pick Up. Mobdes diberikan untuk menunjang kinerja BUMDes yang ada. (adt)
 

Sumber: