Kisah-kisah Mistis di Setiap Suku, Suku Karo Ada Begu Ganjang

Kisah-kisah Mistis di Setiap Suku, Suku Karo Ada Begu Ganjang

Suku karo jaman dahulu--

 

Radar Seluma.Disway.id, - Setiap suku pasti punya kisah-kisah mistis yang menarik untuk digali. Ada yang berupa sihir, ilmu putih, bahkan hantu dan keramat lainnya.

Kali ini, kita akan kuat kisah mistis di suku karo yang terbanyak tinggal di Kabupaten karo Sumatera Utara.  Sebelum agama Kriten, Katolik, Islam dan lainnya masuk ke Suku karo, kebanyakan suku karo menganut agama Pemena.

 

BACA JUGA:Suku Asli di Astralia ini Unik, Selain Boomerang Tombaknya Aborigin Juga Unik

Dijelaskan Wikipedia, agama Pemena adalah kepercayaan ataupun agama tradisional masyarakat Batak Karo. Pemena memiliki makna kepercayaan yang pertama, yang dipegang dan dipahami oleh orang Karo.

Setelah agama masuk, maka saat ini ada dua di suku karo yang dikenal. suku karo yang sudah beragama dan suku karo yang belum beragama. Dan ada diantaranya yang disebut perbegu. 

 

Perbegu ini muncul setelah penjajah melalui gereja, kepada orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Masyarakat Karo sendiri tidak memberi nama apapun terhadap kepercayaannyaitu. Padahal, perbegu itu dimaknai sebagai orang yang percaya/memiliki setan.

 

Suku Karo jaman dulu, sangat ditakuti karena istilah perbegu ini atau orang yang memiliki dan memilihara hantu atau setan.

Dan setan atau hantu paling ditakuti adalah begu ganjang (hantu atau setan tinggi).

 

Dipercaya warga suku karo jaman dulu,  Begu Ganjang merupakan sosok hantu yang bertubuh besar, yang apabila seseorang tiba-tiba bertemua  dengannya bisa saja kehilangan nyawa atau berujung sakit parah. Hingga saat ini, isu mengenai Begu Ganjang memang tidak pernah terlepas dari perbincangan masyarakat Karo. Dan menjadi cerita legenda di Suku Karo.

Sumber: