Longsor Tutupi Jalan Lintas Manna - Tanjung Sakti Tepatnya di Dusun Batu Betajuk, Warga Terhambat Melintas

 Longsor Tutupi Jalan Lintas Manna - Tanjung Sakti Tepatnya di Dusun Batu Betajuk, Warga Terhambat Melintas

Warga terpaksa berjalan untuk melewati longsor yang menutup jalan--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.disway.id,  - Kepala  Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan, Rasyidi M.Si pada Sabtu (29/7/2023) sekitar pukul 17.40 Wib, mengaku telah mendapat informasi terjadinya tanah longsor dari warga Desa Batu Betajuk, kecamatan Ulu Manna, kabupaten Bengkulu Selatan, dan diperkirakan terjadinya Bencana Alam Tanah longsor tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang cukup lebat dari Ulu Manna dan di sertai angin yang kencang sehingga terjadi pergerakan tanah.
 
 
 
Adapun material longsor tersebut diperkirakan lebih kurang dengan ketinggian material mencapai 7 meter dan dengan panjang lebih kurang 10 -15 meter, material longsoran tersebut berjenis bebatuan/kerikil, tanah, akar dan kayu.
 
 
"Kami BPBD BS bersama PUPR, Polsek Pini, TNI, Camat Ulu Manna, Pihak Terkait  meninjau langsung lokasi kejadian bencana alam tanah longsor,"ungkap Rasyidi.
 
 
Dijelaskan Rasyidi, sekitar pukul 21.00 Wib, kami masih menunggu alat berat dari PUPR untuk segerah meluncur ke tempat lokasi dan segera mengevakuasi kejadian tanah longsor tersebut. Sekitar pukul 06.30 Evakuasi Tanah longsor yang berlokasi di jalan Dusun Batu Betajuk, kecamatan Ulu Manna, kabupaten Bengkulu Selatan sudah berhasil di evakuasi dengan menggunakan alat berat Lodher di bantu oleh Tim TRC BPBD dengan menggunakan alat sinso dan pisau.
 
 
"Kondisi terkini, aktivitas lalu lintas kendaraan R2 dan R4 Manna - Pagar Alam sudah kembali Normal dan lancar,"Pungkas Rasyidi.
 
 
Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Bengkulu Selatan agar selalu berhati-hati dikarenakan cuaca extrim.
 
 
 
"Cuaca tidak menentu diharapkan agar untuk selalu waspada, karena rentan terjadinya bencana,"demikian Rasyidi.(yes)
 

Sumber: