Suku di Sumut Ini Aneh! Tiap Pesta Mesti Ada Pasti Ada Pinahan

 Suku di Sumut Ini Aneh! Tiap Pesta Mesti Ada Pasti Ada Pinahan

Suku batak toba--

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Ada salah satu suku di Sumatera Utara yang juga sangat melestarikan adat istiadatnya. suku ini termasuk suku bear di sumut, yakni suku Toba. Kenapa disebut Toba, karena manyoritas tinggal di Tapanuli Utara, Simalungen, Siantar, Balige dan kawasan Danau Toba serta Kota Medan dan sebagian ke arah Pekan Baru, Humbang Hasundutan,  Tapanuli Tengah, Dairi,  Sibolga, Asahan.

Suku Toba hampir sama dengan Suku Jawa, bisa ditemukan di seluruh Indonesia. Suku Toba juga banyak mendiami   Jakarta, Batam, Jawa Barat, Riau, dan daerah lainnya).

Bahasa yang mereka gunakan bahasa toba.

 

BACA JUGA:Pejabat Basarnas yang Kena OTT KPK. Lagi Transaksi

 

Sementara untuk marga,  Batak Toba menggunakan nama marga mengikuti garis keturunan ayah (Patrilineal).

 

Yang dianggap sebagai marga dalam konteks ini adalah marga induk dan beberapa anak marganya. Umumnya anak marga yang telah diakui sebagai marga independen atau semi independen, Lazim dituliskan oleh penyandangnya sebagai nama belakang (marga) mereka. Dalam penulisannya kadang-kadang terdapat penyingkatan dengan menghilangkan awalan atau suku kata karena kebiasaan di daerahnya. Seperti Si pada Sidabutar menjadi Dabutar, dan Lumban Tobing menjadi hanya ditulis Tobing.

 

Sementara misalnya Marga Manik dan Munthe yang didapatkan tidak hanya di Toba, tetapi juga di Karo, Pakpak, Singkil, Alas, Angkola, Simalungun, dsb. Begitu pula dengan Marga Lubis, Daulay, Siregar, Ritonga, Hasibuan banyak ditemukan sampai di Angkola dan Mandailing hingga bagian barat Sumatra Barat. Marga Purba dan Rambe banyak ditemukan di Simalungun dan Karo. Marga Sinaga ditemukan di Simalungun. Marga Tanjung, Pardosi, dan Pohan banyak ditemukan di Tapanuli Tengah, dsb. Marga Sipayung, Haloho (Sihaloho), Allagan (Siallagan), Tindaon (Sitindaon), Dabalok (Sidabalok), Dabungke (Sidabungke), Mandalahi (Simandalahi), Manjorang (Simanjorang), dsb banyak ditemukan pula di Simalungun. Marga Simargolang banyak ditemukan di Pesisir Timur. Marga Batubara, Pane, banyak ditemukan di Pesisir Timur dan Angkola. Marga Matondang dan Hutasuhut banyak ditemukan di Angkola.

 

Untuk adat, Batak Toba sangat menjunggjung adat. Sehingga tiap ada acara penikahan, kematin dan masuk rumah baru, sellau dilakukan dengan adat.

Sumber: