Kenali Suku Sakai, Ada Larangan yang Membuat mata Dunia Takjub

Kenali Suku Sakai, Ada Larangan yang  Membuat mata Dunia Takjub

--

 

 

 

 

 

Dengan luas wilayah 1.90 Juta kilometer persegi menjadikan Negara Indonesia memiliki keberagman suku dan hal tersebut sudah diakui dan tak perlu diragukan lagi. Jangan aneh kalau di Indonesia terdapat ribuan suku dan ribuan etnis yang memiliki keberagaman.

 

Suku pedalaman yakni Suku Sakai salah satunya, suku ini berasal dari Pulau Sumatera,lebih tepatnya mendiami Kepulauan Riau. Suku pedalaman ini hidup secara nomaden atau berpindah pindah dan masih menggantungkan hidupnya kepada alam. Mereka hidup harmonis dengan alam sekitar mereka. 

 

Suku Sakai juga dikenal sangat menghormati hutan adat mereka. Suku pedalaman ini memiliki peraturan tertentu yang tidak boleh dilanggar. Salah satu aturan Suku Sakai adalah aturan pelarangan penebangan pohon. Bagi mereka yang melanggar akan dikenakan denda yang disesuaikan dengan usia pohon yang ditebang. 

 

 

Larangan penebangan pohon dihutan memang bukan hanya Suku Sakai yang melarang bahkan masyarakat di dunia pun ketahui bahwa dapmpak penebangan pohon secara menggunduli hutan sangat dilarang karena dapat berimbas ekosistem dan kehidupan didalam lingkungan tersebut. Pastinya apabila penebangan pohon dilakukan secara liar akan berdampak bencana alam seperti longsor.

Sumber: