Suku di Sumut Ini, Marganya Jadi Jalan Terpanjang di Indonesia

Suku di Sumut Ini, Marganya Jadi Jalan Terpanjang di Indonesia

Suku karo di sumut --

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Suku Karo yang mayoritas tinggal di dataran tinggi di Kabupaten Karo, cukup unik untuk dibicarakan terus. Banyak hal-hal unik yang bisa digali di Suku Karo ini. Mulai dari kulinernya, tata cara pernikahannya dan kehidupan di masa lalu Suku ini, serta adat istiadat dan cara hidupnya saat ini.

 

BACA JUGA:Meskipun Sudah Maju Jepang masih Percaya Mitos bila melakukan ini. Apa Saja yuk Simak..??

 

Suku ini cukup dikenal di Indonesia. Melalui salah satu nama pahlawannya yakni Guru Patimpus yang bermarga Sembiring dan  Letjen. Pur. TNI Jamin Ginting. Bahkan untuk Letjen Purn Jamin Ginting ini diberi penghargaan dengan menamakan jalan di Sumut yang paling panjang, adalah Jl. Letjen Pur Jamin Ginting. Dan ada juga Fly Over yang dinamakan fly over Jamin Ginting.

 

Jalan ini mulai dari Simpang Peringgan, dimana di situ ada patung Guru Patimpus, sampai ke Kabanjahe kabupaten Karo.

 

Jalan Letjen Jamin Ginting bahkan sudah dinobatkan sebagai jalan terpanjang di Indonesia oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia dengan panjang 71,03 kilometer melewati  Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, hingga Kabupaten Karo.

 

Ginting merupakan salah satu Marga di Suku Karo yang memiliki 5 marga (merga silima), Diantaranya Ginting, Sembiring, Perangin-angin, Tarigan dan Karo-karo.

 

Letjen Jamin Ginting merupakan pahlawan di Sumut khususnya Karo, yang berhasil menumpas pemberontakan di Sumatera.

Sumber: