13 Desa di Sukaraja Seluma Sudah Maju, 6 Masih Berkembang

 13 Desa di Sukaraja Seluma Sudah Maju, 6 Masih Berkembang

Bimtek IDM operator desa--

 

 

KAYU ARANG, Radar Seluma.Disway.id,  - Ternyata desa di Kecamatan Sukaraja masih ada 6 desa yang berstatus IDMnya sebagai desa berkembang. Walaupun sudah tidak ada lagi desa berstatus sangat tertinggal, namun belum ditemui statusnya sebagai desa mandiri.

 

Keenam desa yang status IDMnya tertinggal dengan nilai terkecil adalah desa Sumber Makmur, nilai IDMnya hanya 0.631. Disusul peringkat kedua dari bawah yaitu desa Padang Kuas dengan nilai IDM 0,6402, tempat ketiga Desa Kuti Agung 0, 6446, posisi ke empat Desa Air Petai 0,657, dan posisi ke enam Desa Sumber Arum 0,683.

 

BACA JUGA:Durian Rajanya Buah, Istimewa Untuk Kesehatan

Kemudian nilai IDMnya tertinggi adalah Desa Riak Siabun I dengan nilai 0,8151, namun statusnya masih berada di desa maju, posisi kedua hanya terpaut 0,0022 poin, yaitu desa Cahaya Negeri dengan nilai 0,8129, tempat ketiga Desa Jenggalu dengan nilai IDM 0,7911.

 

Pendamping desa profesional Imrodili mengatakan tinggi rendahnya nilai IDM bukan berarti tidak tersedianya atau belum dilengkapinya atribut atau kelengkapan sarana dan prasaran, namun lebih cenderung ketidak telitian dan kekurangtahuan operator yang mengimput data desanya.

 

"Tinggi rendahnya nilai IDM bukan berarti desa itu kurang lengkap atau lebih dari fasilitas yang tersedia, akan tetapi saat pengimputan data, operatornya tidak paham fasilitas yang ada di desanya. Kurang telitinya operator juga berpengaruh atas status desanya," terangnya.

 

Dilanjutnya nilai IDM akan berubah setiap tahunnya. "Nilai IDM desa tidak akan sama setiap tahunnya, karena pertama pengimputan data IDM diperbaharui setiap tahun, kedua susutnya nilai fasilitas, ketiga berkurangnya atau akibat kerusakan dari fasilitas desa itu sendiri. Ataupun bisa bertambah, karena pengimputan tahun dulu fasilitasnya belum ada dan untuk tahun depannya fasilitas itu telah dibangun," tutupnya. (mrs)

Sumber: ada desa belum maju di sukaraja seluma