Kisah Kejayaan Natadirja, Pangeran Bengkulu Asal Kerajaan Majapahit.. Yang Dimakamkan di Seluma

Kisah Kejayaan Natadirja, Pangeran Bengkulu Asal Kerajaan Majapahit.. Yang Dimakamkan di Seluma

Makam P Natadirja di Jenggalu--

 

Selanjutnya Rio Bina yang merupakan adik dari Rangga Beru juga menyusul kakak-kakaknya untuk menetap di Bia Paku. Rio Bina atau Ario yang berbudi pekerti baik, dan memiliki jiwa kepimpinan yang bagus selanjutnya menjadi kepala daerah Bia Paku. Dalam kepemimpinannya sebagai kepala daerah, sifat baiknya membuat Ario mendapatkan gelar Rio Kajang Sebidang. 

 

 

Selanjutnya setelah kematian Raja Jenggalu pada tahun 1565 yang belum diketahui namanya, kakak dari Rangga Beru dan juga Rio Bina yaitu Rangga Janu diangkat menjadi Raja Kerajaan Jenggalu. Pada saat Rangga Janu atau dikenal sebagai Renggo Jeno memimpin kerajaan Jenggalu, dirinya berinisiatif untuk memindahkan pusat kerajaan dari Bia Paku menuju ke bandar Depati Payung Negara.

 

 

Selanjutnya di bawah kepemimpinan Rangga Janu atau Renggo Jeno sebagai raja. Kerajaan Jenggalu terus berkembang. Pemindahan pusat kerajaan sangat berdampak positif bagi kerajaan Jenggalu. 

 

 

Karena merasa kerajaannya sudah berkembang, Renggo Jeno selanjutnya mengajak beberapa pengawalnya untuk berkelana ke kerajaan lain.

 

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengakuan dari kerajaan lainnya.

 

 

Sumber: