Kisah Kejayaan Natadirja, Pangeran Bengkulu Asal Kerajaan Majapahit.. Yang Dimakamkan di Seluma

Kisah Kejayaan Natadirja, Pangeran Bengkulu Asal Kerajaan Majapahit.. Yang Dimakamkan di Seluma

Makam P Natadirja di Jenggalu--

Front yang dibentuk ini adalah upaya untuk mempertahankan atau mencegah Belanda masuk ke pusat-pusat pemerintah saat Indonesia Raya menyatakan kemerdekaan pada tahun 1946. 

 

Jembatan Jenggalu yang merupakan akses satu-satunya untuk masuk ke Bengkulu Selatan sempat diputus oleh front pertahanan satu. Yaitu dengan diledakan.

 

 

 

 

Jauh sebelum terjadi agresi Belanda di sana, pada tahun 1565, informasinya awal mula berdirinya Kerajaan Jenggalu, bermula dari Kerajaan Majapahit yang mana pada masa kejayaanya kerajaan Majapahit mengutus orang-orangnya untuk melakukan penjelajahan di seluruh Nusantara, dan selanjutnya mendirikan kerajaan sendiri di suatu daerah tersebut. 

 

 

"Kalau untuk siapa pendiri Kerajaan Jenggalu kita belum termonitor. Yang jelas informasinya Kerajaan Jenggalu ini awal mulanya merupakan pecahan dari Kerajaan Majapahit. Diperkirakan sekitar  abad ke XV, Rangga Janu bersama adik nya yg bernama Rangga Beru datang ke wilayah kerajaan Jenggalu di daerah Bia Paku," kata Wislinizar tokoh masyarakat sekaligus mantan Kades Jenggalu, Kecamatan Sukaraja, Seluma, Bengkulu.

 

 

Setelah Rangga Janu dan juga adiknya Rangga Beru  menetap di Bia Paku daerah kerajaan Jenggalu. 

 

Sumber: