Ini Doa Ziarah Kubur, Jelang Lebaran Makam Ramai Dikunjungi

Ini Doa Ziarah Kubur, Jelang Lebaran Makam Ramai Dikunjungi

--

 

Saat ziarah kubur, manusia akan mengingat kematian dan akhirat. Karena, akhirat lah yang akan menjadi kehidupan selanjutnya bagi umat manusia. Dengan mengunjungi makam, akan membuat manusia mengingat segala dosa-dosanya, kebaikannya, dan bekal apa yang harus dipersiapkan untuk menuju alam akhirat.

 

2. Mendoakan Orang yang Telah Meninggal Dunia

 

Manfaat ziarah kubur selanjutnya adalah bisa mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Karena, mayat di dalam kuburnya sangat membutuhkan doa dari orang yang masih hidup di dunia.

Maka dari itu, ziarah ke kubur sekaligus mendoakan orang yang telah tiada membuat amalan yang dilakukan bertambah. Keterangan bahwa orang yang sudah meninggal dunia menantikan doa tertuang dalam hadis berikut :

 

Artinya : “Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang terpercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, maka itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad-Dailami).

 

3. Terhindar dari Mencintai Dunia Secara Berlebihan

Manusia kerap kali tenggelam dalam kecintaannya terhadap dunia. Dengan melakukan ziarah kubur bisa menjadi pengingat bahwa dunia hanyalah sementara. Segala hal yang telah dinikmati di dunia akan dimintai tanggung jawab oleh Allah SWT di akhirat kelak. Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an surah At-Takatsur ayat 8 yang berbunyi :

 

Lafaz Arab

 

Sumber: