Bengkulu Selatan Lakukan Pembinaan Posyadu Setiap Desa/Kelurahan

  Bengkulu Selatan Lakukan Pembinaan Posyadu Setiap Desa/Kelurahan

Kegiatan Posyandi di desa--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.dsiway.id  - Salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) adalah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang dilaksanakan dari dan untuk masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

 

"Seksi Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes BS terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 5 kriteria Posyandu di beberapa desa di wilayah BS, diantaranya desa Tanjung Aur, Beringin Datar, dan Kelurahan Masat di Kecamatan Pino,"ungkap Kepala Dinkes BS, Didi Ruslan, M.Si.

 

BACA JUGA:Jalan yang Dibangun Harus Ada Rambu

 

Dijelaskan Didi, lima kriteria Posyandu yakni meliputi, kegiatan rutin Posyandu minimal 10 kali/tahun. Memiliki minimal 5 orang kader kesehatan. Melakukan pelayanan kegiatan kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, imunisasi, pelayanan KB, dengan cakupan minimal 50 persen.

 

 

Memiliki alat pemantauan pertumbuhan dan terakhir mengembangkan kegiatan tambahan misalnya Posyandu Remaja, Kesehatan usia kerja, Ponsyandu Lansia, Tanaman  obat keluarga, Bina Keluarga Balita, Posbindu.

 

"Dinas Kesehatan berperan dalam membantu pemenuhan pelayanan sarana dan prasarana kesehatan seperti pengadaan alat timbangan, distribusi buku KIA atau KMS, obat-obatan dan vitamin serta dukungan bimbingan tenaga teknis kesehatan,"beber Didi.

Sumber: