Sedang Transaksi Barang Haram, Tiga Pelajar Diringkus Polisi

Sedang Transaksi Barang Haram, Tiga Pelajar Diringkus Polisi

PERIKSA: Pelaku saat menjalani pemeriksaan anggota Polsek Seluma--

SEMBAYAT - Meskipun di bulan Suci Ramadhan, penyalahgunaan obat jenis Samcodin makin marak terjadi kalangan anak usia remaja ataupun pelajar di wilayah Kabupaten Seluma. Dimana anak remaja yang sering mengkonsumsi obat ini layaknya mengkonsumsi ekstasi.

Hingga menurunkan kesadaran bagi anak-anak remaja di usia sekolah.

Seperti yang dilakukan oleh tiga orang pelajar yang harus berurusan dengan Polsek Seluma.

Hal tersebut lantaran kedapatan tengah bertransaksi obat samcodin yang disalahgunakan. Sejumlah barang bukti pil samcodin juga disita dan menggelandang ketiga remaja yang masih berstatus sekolah.

"Ini kami dapat di Kelurahan Bunga Mas, Kecamatan Seluma Timur. Hasil dari patroli anggota dan informasi di dapat ada peredaran samcodin," sampai Kapolres Seluma, AKBP Arif Eko Prastyo, SIK MH melalui Kapolsek Seluma, AKP Sukari, SH.

Anggota Polsek Seluma yang mendapat laporan adanya transaksi perdagangan obat batuk samcodin yang disalahgunakan.

Langsung dilakukan pengecekan oleh anggota Polsek Seluma.

Yakni di lokasi yang berada di Kelurahan Bunga Mas yang selama ini menjadi tongkrongan anak-anak usia sekolah.

Dalam aksi penggerebekan yang dilakukan oleh anggota Polsek Seluma, anggota mendapatkan sejumlah barang bukti pil samcodin sebanyak 10 keping yang siap untuk diedar. Yakni dari tangan FM (14) yang masih berstatus pelajar warga Bunga Mas. Serta dua orang yang diduga akan membeli pil samcodin. "Karena para pelakunya masih anak dan pelajar, sementara masih akan kita lakukan pembinaan terlebih dahulu," ujarnya.

Pelaku bersama BB pil samcodin sempat digelandang ke Polsek Seluma.

Dalam penanganan kasus tersebut, anggota Polsek Seluma melakukan pemanggilan terhadap masing-masing orang tuanya.

Dengan hanya menerapkan sanksi pembinaan terhadap ketiga pelaku. Dengan membuat surat pernyataan tidak akan mengulanginya kembali. Dimana bentuk keprihatinan dengan generasi muda Kabupaten Seluma yang terpengaruh obat-obatan yang disalahgunakan. Razia pekat terus digencarkan oleh petugas di seputaran Ibukota Seluma. Terutama di tempat-tempat tongkrongan anak-anak remaja yang kerap mabuk-mabukan.

Samcodin merupakan salah satu merk obat batuk yang komposisinya terdiri dari Dextromethorphan, Glyceryl Guaiacolate DAN Chlorpheniramine Maleat.

Mengingat efek samping yang mungkin terjadi, obat ini digolongkan sebagai obat keras sehingga penggunaannya harus berdasarkan pertimbangan dokter.

Sumber: