Program Bekundang Sehat, Layanan Adminduk Hingga Perizinan Semakin Mudah

 Program Bekundang Sehat,   Layanan Adminduk Hingga Perizinan Semakin Mudah

Kegiatan Bekundang, mendekatkan diri Pemda BS dengan masyarakat--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma. disway.id - Menuju peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebagai wujud untuk memberikan pelayanan langsung kepada warga, Pemkab BS melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) BS sejak beberapa waktu lalu melakukan kegiatan Program Bekundang Sehat atau bersama-sama wujudkan BS sehat.
 
 
Namun, jika sebelumnya program ini hanya fokus pada pelayanan kesehatan, ke depannya direncanakan akan disertakan beberapa pelayanan lain yang dibutuhkan masyarakat seperti layanan administrasi kependudukan berupa perekaman data KTP, pengurusan akte kelahiran, kartu keluarga (KK) dan sebagainya. Selain itu, juga akan melakukan pelayanan perizinan yang dilakukan DPM-PTSP BS dan juga pelayanan KB serta pelayanan sosial lainya.
 
 
 
 
Wakil Bupati BS, Rifa'i Tajudin,S.Sos mengatakan, dalam Program Bekundang sehat yang diluncurkan sejak awal tahun 2023 lalu, dikomandoi oleh Dinkes BS bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten BS.
 
 
Untuk rencana ke depan diharapkan menggandeng beberapa OPD teknis yang ada di Kabupaten BS. Seperti, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan layanan administrasi kependudukan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dengan pelayanan perizinan usaha,  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) BS dengan pelayanan KB dan Dinas Sosial (Dinsos) dengan pelayanan sosial. 
 
"Harapkan kegiatan ini ke depan di ikut sertakan pelayanan administrasi kependudukan mulai dari KTP, akte lahir, KK dan sebagainya. Juga perizinan, layanan KB hingga layanan sosial,"tutur Wabup.
 
 
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) BS, Didi Ruslan, S.KM, M.Si mengaku, dalam program Bekundang Sehat yang telah berjalan beberapa pekan terakhir ini, pihaknya masih fokus memeberikan pelayanan kepada masyarakat terkait kesehatan. 
 
 
 
 
"Dalam pelayanan, pihaknya menggandeng para medis di Puskesmas wilayah kerja masing-masing. Dalam program ini melakukan skrining kesehatan dan deteksi permasalahan kesehatan di desa atau kelurahan. Pelayanan kesehatan gratis melalui Bekundang Sehat meliputi beberapa layanan seperti pengobatan, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolestrol dan pemeriksaan kesehatan lainnya,"kata Didi.(yes)
 
 
 
 

Sumber: