Ini Total Kuota Haji di Seluma Tahun 2023

Ini Total Kuota Haji di Seluma Tahun 2023

jemaah haji--

PEMATANG AUR - Untuk musim haji tahun 2023 ini, kuota haji di Kabupaten Seluma akhirnya diputuskan sebanyak 169 orang.

 

Pembagian kuota ini setelah ditetapkan oleh Kementrian Agama serta Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu untuk Kabupaten Seluma saat ini.

Kakan Kemenag Seluma, H Heriansyah mengatakan kuota haji tahun 2023 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan bisa mengurangi waiting list CJH Seluma saat ini.

 

"Saat ini untuk Seluma mendapatkan kuota sebanyak 169 orang. Harapannya agar daftar tunggu bisa semakin singkat. Dengan bertambahnya kuota CJH Seluma untuk musim haji tahun 2023 ini," tegasnya.

 

Heriansyah mengatakan jumlah pendaftar ibadah haji di Seluma sebanyak 2.785 orang. Dengan kuota haji yang biasanya diterima Seluma, daftar tunggu haji mencapai 18 tahun.

 

Heriansyah optimis tahun ini pemberangkatan haji sudah kembali normal. Seperti yang dikabarkan sebelumnya tahun 2022, kuota haji Seluma sebanyak 170 orang.

 

Dan tahun ini hanya berkurang satu. 

Kemudian setiap tahunnya Kemenag Seluma terus mengusulkan penambahan kuota haji.

 

Hal itu sehubungan dengan waiting list atau daftar tunggu ibadah haji di Seluma sudah mencapai 18 tahun. Artinya daftar sekarang 18 tahun lagi baru bisa berangkat.

 

"Kami selalu mengusulkan tambahan kuota setiap tahunnya. Termasuk tahun depan agar waktu daftar tunggu bisa berkurang," imbuhnya.

Lebih lanjut, Heriansyah mengatakan terkait adanya kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah haji (BPIH) sebesar Rp49 juta.

 

Saat ini Kemenag Seluma belum menerima konfirmasi soal CJH yang masuk dafta berangkat dan mengundurkan diri.

 

Artinya saat ini semua CJH yang masuk daftar berangkat, menyetujui semua besaran BPIH.

"Seluruh CJH yang masuk waiting list saat ini sudah membayar setoran awal sebesar Rp 25 juta. Sehingga saat pelunasan nanti harus menambah Rp24 juta lagi," tegasnya.

Sumber: