Ribuan Janda Ada di Seluma? Simak Selengkapnya...

Ribuan Janda Ada di Seluma? Simak Selengkapnya...

Irzani, Kadis Dukcapil--

PEMATANG AUR - Dikabupaten Seluma dari total perempuan sebanyak 103.859 orang ternyata terdapat 11.435 orang wanita menjadi kepala keluarga, data ini diambil dari Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma berdasarkan pendataan Semester I tahun 2022.

 

BACA JUGA:Kelebihan yang Hanya Dimiliki Janda, Pria Wajib Tahu...

BACA JUGA:Ada 272 Gugatan Cerai, Resmi Janda 77

 

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma, Irzani, S.Ip melalui kepala Bidang PIAK, Rita Lesmini, M.Si, Senin (30/1) menjelaskan bahwa sebanyak 11.435 perempuan di Kabupaten Seluma yang menjadi Kepala Keluarga memiliki banyak faktor seperti bercerai atau ditinggal suaminya merantau keluar negeri atau bekerja diluar daerah dan harus pindah alamat.

 

" Adapun faktor penyebab perempuan menjadi kepala rumah tangga, salah satunya karena bercerai dengan suaminya. Kemudian suami tidak jadi mencari nafkah utama karena difabel atau kehilangan pekerjaan, suami pergi dalam waktu lama tanpa memberi nafkah serta karena belum menikah tetapi punya tanggungan keluarga. 

 

BACA JUGA:12 Guru Menjanda

BACA JUGA:Ada 272 Gugatan Cerai, Resmi Janda 77

 

Ada juga perempuan yang suaminya tak menjalankan fungsi sebagai kepala keluarga karena poligami, pengangguran atau sakit. Akan tetapi, mayoritas perempuan menjadi kepala rumah tangga karena suaminya meninggal (janda)" sampai Rita.

 

Lanjutnya, hampir setiap tahu data tersebut naik. Seluruh data kependudukan dalam setiap tahunnya populasinya terus mengalami kenaikan.

 

" Data kependudukan setiap tahunnya mengalami kenaikan, Kalau data sebanyak 103.859 perempuan di Seluma dan terdapat 11.435 orang wanita menjadi kepala keluarga belum ada pembaruan lagi, karena dalam satu tahun ada pendataan dua tahap. Kemungkinan dalam bulan Februari data Semester II tahun 2022 akan segera rampung" jelas Rita. 

Sumber: