Banyak Ya, 60 Desa di Seluma Akan Gelar Pilkades Serentak

Banyak Ya,  60 Desa di Seluma Akan Gelar Pilkades Serentak

Kepala PMD Kab Seluma--

 

 

PEMATANG AUR, radarselumaonline,  -  Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini. Yakni akan diikuti sebanyak 60 desa yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Pada saat ini tengah dalam persiapan penyusunan Peraturan bupati (Perbup) Seluma. Yakni tentang juklak dan juknis penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2023 yang masih dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma.

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto, S Sos MM saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, jika untuk tahun 2023 ini ada sebanyak 60 Desa dari 13 Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Dimana untuk agenda pelaksanaan Pilkades serentak direncanakan akan diagendakan pada bulan Juni atau Juli 2023 mendatang. Dengan alokasi anggaran sebesar kurang lebih Rp 1 miliar.

 

"Saat ini kita masih dalam persiapan penyusunan Perbup. Karena dasar pelaksanan Pilkades adalah Perbup," sampai Nopetri.

 

BACA JUGA:21 Orang Gugur Administrasi PKD Bawaslu

 

Terkait dengan jumlah mata pilih dari 60 desa penyelenggara pilkades serentak pada tahun 2023 ini. Ada sekitar kurang lebih 36 ribu mata pilih. Dalam pelaksanaan saat pemungutan suara nantinya, pihaknya masih menerapkan protokol kesehatan.

 

Rencana pelaksanaan Pilkades pada tahun 2023 mendatang. Akan di ikuti sebanyak 60 desa yang akan menggelar pelaksanaan Pilkades yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Terbanyak terdapat di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dengan 9 desa yang akan mengikuti pelaksanaan Pilkades di tahun 2023 ini

 

Sumber: