Jelajah Destinasi Wisata Seluma, 7 Wisata Ini Ada di Lubuk Resam....

 Jelajah Destinasi Wisata Seluma, 7 Wisata Ini Ada di Lubuk Resam....

--

LUBUK RESAM - Kabupaten Seluma memiliki salah satu desa wisata yang memiliki 7 destinasi wisata alam yang masih natural di Provinsi Bengkulu. Yakni berlokasikan di Desa LUBUK RESAM, Kecamatan Seluma Utara. Dengan pesona wisata alam dan memiliki tantangan adventure, saat akan menuju ke lokasi wisata Desa LUBUK RESAM.

Seperti yang dilakukan oleh Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE saat mengawali Calender Event of Seluma Tahun 2023 ini. Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE bersama Wakil Bupati, Drs Gustianto, Sekda dan seluruh Kepala OPD menjelajahi Desa Lubuk Resam yang menjadi agenda tujuan pertama yang digelar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma selama 2 hari. Yakni dari tanggal 14 - 15 Januari 2023.

Dalam jelajah wisata, juga diikuti oleh para peserta dari rombongan komunitas trail dan pecinta Off Road yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan diikuti oleh Kapolres Seluma, AKBP Arif Eko Prastyo, SIK, MH dan Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi. Beserta seluruh kepala OPD di jajaran Pemkab Seluma. Dengan pelepasan pada Sabtu  (14/1) siang, sekitar pukul 11.00 WIB yang dipusatkan di Taman Wisata Kota Tais.

Melalui jalan berlumpur dan terjal, rombongan yang menempuh perjalanan sejauh 25 km. Dengan melintasi Kelurahan Talang Saling, Kelurahan Pasar Tais, Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma Kota. Kemudian melintasi Kelurahan Bunga Mas Kecamatan Seluma Timur, selanjutnya melewati Desa Pandan, Kelurahan Puguk, Desa Talang Empat. Hingga terakhir Desa Lubuk Resam.

Selama dalam perjalanan, tidak sedikit peserta yang terjungkal jatuh pada saat berkendara dari sepeda motor trail. Lantaran medan bebatuan yang licin usai diguyur hujan, tidak terkecuali Bupati Seluma yang terpaksa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil dinas double gardan. Bahkan banyak kondisi mobil yang mengalami kerusakan saat melintasi medan yang herjal.

Sesampai di Desa Lubuk Resam sekitar pukul 15.00 WIB, rombongan disambut sarafal anam yang merupakan kesenian lokal masyarakat setempat. Kemudian diarak hingga menuju ke lokasi pertemuan yang telah dipersiapkan di samping kolam pemandian air panas suban. Serta dilanjutkan dengan gerakan penghijauan melalui penanaman pohon yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Seluma, beserta unsur Forkopimda. Dengan menanam berbagai jenis pepohonan di tepi aliran sungai yang ada disekitar lokasi pemandian air panas suban.

Dalam kesempatan ini, Bupati Seluma beserta unsur Forkopimda juga melanjutkan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Masjid At Taqwa Desa Lubuk Resam. Serta berkesempatan menyalurkan bantuan uang tunai dari Baznas Kabupaten Seluma senilai Rp 3 juta. Bupati beserta rombongan juga berkesempatan menikmati hidangan khas kuliner masyarakat Desa Lubuk Resam yang telah disiapkan para pengurus masjid.

Pada malam harinya, Bupati beserta rombongan juga dihibur dengan pagelaran seni budaya. Dengan diawali arak-arakan obor dari homestay hingga ke pusat acara semula. Arak-arakan obor ini diawali Bupati dan Wakil Bupati Seluma beserta rombongan. Serta diikuti puluhan para pelajar SD dan SMP serta yang ada di Desa Lubuk Resam hingga berakhir dengan penyalaan 'Gunung ap' yang merupakan tradisi lebaran Dengan membakar tempurung kelapa kering yang disusun setinggi tiang pancang oleh panitia.

Pagelaran seni budaya yang ditampilkan masyarakat setempat, mulai sarafal anam, tari rendai, berejung, suling kerilu, gitar tunggal, dan ditutup dengan penyaluran bantuan kepada pelajar Lubuk Resam berprestasi, dan Lansia, sebelum akhirnya berlanjut ke diskusi dengan masyarakat setempat.

 

Sebagian besar, perwakilan warga yang diberi kesempatan bertanya berharap ke Bupati Seluma untuk dapat memuluskan akses jalan menuju ke Desa Lubuk Resam, menyusul telah turunnya status HPT Bukit Badas menjadi Hutan Rakyat dari Kementerian LHK. "Kami berharap kepada pak Bupati Seluma untuk dapat memuluskan jalan ke desa kami. Bagaimana mau memajukan potensi wisata dan mengundang minat para pengunjung kalau jalannya belum dibangun," kata Gupardi salah satu warga setempat.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Seluma memastikan pada tahun ini akan secara bertahap. Untuk pembangunan akses jalan menuju ke Desa Lubuk Resam.

"Sesuai visi misi kita yang pertama program seribu jalan mulus. Inshaallah tahun ini secara bertahap pembangunan jalan akan segera terwujud," sampai Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE.

Pernyataan Bupati Seluma ini pun disambut tepuk tangan meriah masyarakat desa setempat yang sudah lama menanti terwujudnya jalan mulus. Acara digelar selama semalam suntuk.

Sumber: