3 Sekolah Berstatus Terpencil, PGRI Seluma Bilang Begini

3 Sekolah Berstatus Terpencil, PGRI Seluma Bilang Begini

PGRI Seluma--

RADAR SELUMA - Ditetapkannya 3 Sekolah oleh Kemendiknas Ristek dan Teknologi sebagi sekolah terpencil di Kabupaten Seluma membuat PGRI Kabupaten Seluma geram Pasalnya penetapan itu mengacu pada status desa berdasarkan isian aplikasi IDM yang dikeluarkan kementerin PDT, bukan merujuk pada usulan dari instansi daerah yang menaungi bidang pendidikan.

BACA JUGA:18 Guru Dapat Tunjangan Darah Terpencil, Simak Lokasinya

Seperti dikatahui di Kabupaten Seluma untuk tahun 2023 hanya ada 3 sekolah yang berstatus terpencil dn 28 orang yang menerima tunjangan terpencil. Ke tig sekolh tersebut adalah SMPN 30, SDN 86,  dan SDN 131. Hal inilah yang membuat PGRi Kabupaten Seluma geram karen penetapan sekolah terpencil berdasarkan IDM yang tidak termasuk akses menuju desa atau sekolah.

Seperti dikatakan ketua PGRI Kabupaten Seluma Umardin, S.Pd di kediamannya kemarin (13/01).

 

"Penetapan sekolah terpencil ternyata di Kabupaten Seluma bukan berdasarkan usulan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, melainkan dari status desa dari SK kementerin PDT. Padahal Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma sudah mengusulkan nama sekolah terpencil termasuk guru yang menerima tunjangan terpencil tersebut, tetapi SK yang keluar justru jumlahnya jauh dibawah itu," sesalnya.

Seharusnya usulan dari bawah juga dipertimbangkan, karena dari bawahlah yang mengetahui keadaan yang sebenarnya. "Yang mengetahui keadaan yang sebenarnya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota.

BACA JUGA:Manfaat dan Dampak Buruk Bermain Lato - Lato, Orang Tua Harus Waspada

Sebagai contoh ada beberapa kategori untuk status sekolah terpencil yang perlu dipertimbangkan diantaranya sarana komunikasi, penerangan, dan sarana transportasi.

BACA JUGA:SMAN 4 Seluma, Sekolah dengan Berbagai Prestasi

Di Kabupaten Seluma masih banyak yang ketiga syarat tersebut tidak memadai namun tidak termasuk status terpencil seperti akses menuju desa atau sekolah yang dituju tersebut.

BACA JUGA:(PENTING), 6 Gestur Tubuh Jadi Tanda Seseorang Lagi Berbohong

Ada beberapa sekolah yang jalan menuju des tempat sekolah itu berada sangat sulit dilalui diantaranya SDN di Sinar Pagi, daerah sungai petai dan batu balai, sekalak, kayu elang dn RGM dan sekitarnya, serta suban," lanjutnya.

Untuk itu PGRI Seluma akan merapatkan barisan bersama PGRI Kabupaten senasib di Indonesia.

Sumber: