Dalam Waktu Ini, Baznas Seluma Kumpulkan ZIS Senilai Rp1,6 miliar

Dalam Waktu Ini, Baznas Seluma Kumpulkan ZIS Senilai Rp1,6 miliar

--

PEMATANG AUR - Tahun 2021 Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Seluma sudah mengumpulkan zakat infaq sedekah (ZIS) senilai Rp1,8 miliar. Untuk tahun 2022 saat ini sedang dalam proses rekap hasilnya baru akan diumumkan setelah tanggal 30 Januari nanti. Ketua Baznas Seluma Andi Sunarto menyampaikan tahun 2022 jumlah ZIS akan mengalami peningkatan hal tersebut sehubungan sampai dengan akhir bulan Oktober sudah mencapai Rp1,6 miliar.

 

BACA JUGA:Mobil Bumdes yang Hilang Dibawa Bu Sekdes, Wajib Diganti

 

"Per tanggal 15 Januari laporannya baru akan dikumpulkan ke kantor akuntan. Kalau untuk laporan ke Pemerintah Daerah (Pemda) setiap bulan pada pertengahan selalu kita sampaikan," kata Andi saat ditemui wartawan, kemarin (5/1).

 

Dari jumlah yang sudah dikumpulkan tersebut dikatakan Andi sumber zakat yang paling besar adalah dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

"Untuk di Kabupaten Seluma sumber yang paling besar itu dari ASN. Kalau untuk laporan ke pemerintah daerah setiap bulan pada pertengahan selalu kita sampaikan," jelas Andi. Dikatakannya lagi, jumlah zakat tersebut dipastikan mengalami kenaikan mengingat saat ini Baznas selalu gencar mensosialisasikan kepada masyarakat agar membayar zakat.

 

"Paradigmanya harus mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2021. Kita sudah mensosialisasikan kepada masyarakat pada beberapa kesempatan. Kemudian kita juga sudah memiliki Dai Baznas yang memang bertugas untuk mensosialisasi ZIS," tuturnya.

 

BACA JUGA:Ini Penyebab si Kecil Rewel, Solusinya?...Simak

 

 

Dijelaskan oleh Andi bahwa sudah ada surat edaran dari Bupati Seluma. Surat edaran ini lebih menyasar kepada masyarakat umum yang ada di Kabupaten Seluma.

 

 

"Untuk edaran dari bupati memang sudah ada. Namun edaran tersebut baru bulan lalu terbit. Dan kita secara massive baru bulan ini menerapkannya," jelasnya lagi.

 

 

BACA JUGA: Dasar Pria Cabul, Baru Sebulan Nikahi Emaknya, malah Anak Tirinya Dirudapaksa

 

Selain itu, Baznas juga memilki program yaitu Sedekah Dua Ribu (Serbu) program ini menyasar wali murid di seluruh Kabupaten Seluma.

 

 

BACA JUGA:Blank Spot di Seluma Masih Banyak, Tahun Depan Bisa Bebas

 

"Untuk program Serbu ini adalah sedekah yang disampaikan oleh wali murid melalui murid. Tidak ada ketentuan dalam program ini, berapa pun bisa. Dan kalau tidak, tidak masalah. Namun kita sampaikan ke sekolah agar nanti yang belum bersedekah agar dicatat dan ke depan akan menjadi penerima zakat yang kita salurkan," tutupnya.

Sumber: