Evaluasi Gubernur, Perjalanan Dinas Setwan Disesuaikan

Evaluasi Gubernur, Perjalanan Dinas Setwan Disesuaikan

Wakil Ketua DPRD Seluma, Sugeng --

 

PEMATANG AUR - Tahapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 Seluma saat ini sudah selesai. Hasil evaluasi gubernur terhadap APBD 2023 sudah dibahas. Tidak ada hal-hal yang krusial yang harus ditindaklanjuti terkait dengan catatan dari gubernur.

"Tahapan sudah selesai. Tidak ada yang krusial catatan dari gubernur yang perlu ditindaklanjuti. Hanya saja anggaran perjalan dinas di Sekretariat Dewan (Setwan) yang dikurangi," kata Wakil Ketua (Waka) I Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma Sugeng Zonrio, SH, kemarin.

Namun secara merinci belum dapat dipastikan perjalanan anggota dewan, atau perjalanan dinas yang disesuaikan berdasarkan dengan hasil evaluasi dari gubernur.

"Untuk besaran anggarannya saya lupa. Namun kalau keseluruhan itu termasuk dengan gaji senilai Rp41 miliar. Hasil evaluasi gubernur sudah disepakati bersama dengan eksekutif," jelasnya.

Dijelaskannya, pengurangan ini untuk mengurangi angka defisit. Tidak hanya itu saja anggaran di OPD sudah dilakukan penyesuaian juga.

"Untuk defisit. Sekarang defisit kita sudah diambang batas. Dan sudah sesuai dengan ketentuan. Sehingga saya rasa tidak ada kendala lagi," tuturnya.

 

Terkait dengan antisipasi dengan adanya penyesuaian harga dijelaskan Sugeng tidak ada catatan hasil evaluasi dari gubernur. Meski demikian, pemerintah daerah sudah melakukan upaya antisipasi dengan menyiapkan peraturan bupati.

 

Seperti yang diketahui, sebelum dievaluasi gubernur tahapan APBD adalah mendengarkan pandangan terakhir fraksi terhadap RAPBD. Saat penyampaian tersebut fraksi menyetujui agar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD ditingkatkan ke tahap berikutnya.

"Intinya apa yang kita usulkan disetujui oleh gubernur," tutupnya.(adt)

Sumber: