41.050 Sapi di Bengkulu Sudah Divaksin PMK

41.050 Sapi di  Bengkulu Sudah Divaksin PMK

Kadis peternakan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi--

 
 
BENGKULU - Capaian pelaksanaan vaksinasi  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sebanyak 41.050 hewan ternak jenis sapi, kerbau dan kambing telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua PMK, hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi di Kota Bengkulu.
 
Ia menyebutkan bahwa petugas dan vaksinator PMK terus mempercepat capaian vaksinasi serta menghindari penyebaran wabah PMK di Provinsi Bengkulu usai pihaknya mendapatkan tambahan vaksin PMK dari pemerintah pusat sebanyak 35.000 dosis.
 
“Meskipun petugas lapangan mengalami kesulitan saat melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak jenis sapi dan kerbau sebab para peternak melepasliarkan hewan ternaknya ke hutan.” Ujar Syarkawi.
 
Dalam hal ini dirinya selalu mengimbau agar peternak jenis sapi dan kerbau di Provinsi Bengkulu untuk sementara tidak melepas liarkan hewan ternaknya agar petugas vaksinator dapat melakukan vaksinasi.
 
Berikut capaian vaksinasi PMK di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Kepahiang 2.712 hewan, Kabupaten Bengkulu Utara 7.304 hewan, Kabupaten Rejang Lebong 4.834 hewan.
 
Kemudian Kabupaten Seluma 6.450 hewan, Kabupaten Bengkulu Selatan 1.871 hewan, Kabupaten Mukomuko 6.851 hewan, Kabupaten Bengkulu Tengah 4.070 hewan.
 
Selanjutnya Kabupaten Kaur 4.633 hewan, Kabupaten Lebong 345 hewan, Kota Bengkulu 1.678 hewan dan UPTD Provinsi Bengkulu 302 hewan.
 
Lanjut Syarkawi, sisa kasus PMK di Provinsi Bengkulu sekitar 183 kasus dengan kasus tertinggi berada di Kabupaten Mukomuko yaitu 89 kasus dan Kabupaten Kaur 44 kasus.
 
Selain itu, sebanyak lima wilayah di Provinsi Bengkulu telah dinyatakan bebas kasus sisa PMK yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Lebong.(Ken)

Sumber: