BPBD Imbau Masyarakat Tetap Waspada

 BPBD Imbau Masyarakat Tetap Waspada

banjir--

 

AMPAR GADING - Kondisi cuaca ekstrem yang saat ini kerap terjadi di wilayah Kabupaten Seluma. Dengan kerap terjadinya intensitas curah hujan  tinggi. Hingga dapat mengakibatkan tingginya debit air di sejumlah sungai yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma mengimbau, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai untuk tetap waspada terhadap bencana banjir serta tanah longsor.

 

"Dengan kondisi cuaca yang saat ini kerap terjadinya cuaca ekstrim. Dengan kerap terjadinya curah hujan yang cukup tinggi. Kita menghimbau kepada masyarakat untuk dapat selalu waspada terhadap bencana alam, khususnya bencana banjir, tanah longsor dan juga pohon tumbang yang dapat terjadi seketika," himbau Kepala BPBD Kabupaten Seluma, Mirin Najib, SH melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Pauzan Aroni, SE kepada Radar Seluma.

 

Disampaikan Pauzan, sejauh ini pasca kondisi badai dan hujan yang sempat terjadi sejak Minggu (11/12). Belum ada laporan yang masuk (Diterima) adanya musibah yang tejadi di wilayah Kabupaten Seluma. Musibah bencana banjir pada bulan Desember ini, sempat melanda di beberapa desa yang berada di tiga Kecamatan. Yakni Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma Barat dan di wilayah Kecamatan Air Periukan.

 

"Sejauh ini belum ada informasi yang kita terima. Mudah-mudahan tidak ada bencana yang kembali melanda di wilayah kita," ujarnya.

 

Sejauh ini, pihak BPBD Kabupaten Seluma telah melakukan pemetaan terkait daerah rawan bencana saat musim penghujan seperti ini. Diantaranya daerah rawan longsor dan daerah rawan banjir yang biasanya kerap terjadi seperti waktu sebelumnya. Dengan pemetaan yang telah dilakukan tersebut, pihaknya bisa segera melakukan penanggulangan apabila bencana tersebut terjadi sewaktu-waktu.

 

Terlebih lagi, berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dimana diperkirakan cuaca buruk seperti ini diperkirakan masih akan terjadi. Yakni, terjadi peningkatan curah hujan dan cuaca buruk yang terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu.(ctr)

 

Sumber: