14 Desa Ikut Pilkades 2023

 14 Desa Ikut Pilkades 2023

Camat Air Periukan--

 

KAYU ARANG - Daerah Pemilihan (Dapil) 4 dalam pemilihan legislatif meliputi Kecamatan Sukaraja, Air Periukan dan Lubuk Sandi. Informasi yang didapat dari berbagai sumber bahwa untuk tahun 2023 mendatang desa yang melaksanakan pemilihan kades (Pilkades) serentak sebanyak 14 desa

Ke 14 desa yang akan melaksanakan Pilkades 2023 terbagi dalam 3 kecamatan yaitu Kecamatan Sukaraja terdiri dari 4 desa yaitu Desa BP 2, Air Kemuning, Cahaya Negeri, Riak Siabun, Kecamatan Air Periukan 4 desa yaitu Desa Lokasi Baru, Sukamaju, Talang Sebaris, Taba Lubuk Puding, dan Kecamatan Lubuk Sandi diikuti 6 desa yaitu Desa Sakaian, Tanjung Kuaw, Lubuk Terentang, Talang Kebun, Dusun Tengah, Padang Calo Ilir.

Sekcam Sukaraja Ansori , M.Pd membenarkan hal tersebut.

 "Untuk Kecamatan Sukaraja ada 4 desa yang melaksanakan Pilkades 2023 yaitu Desa Bp 2 Cahaya Negeri, Air Kemuning, dan Riak Siabun," katanya.

 

Sementara Camat Air Periukan Irzan Hendarsyah, S.Sos mengatakan di Air Periukan 4 desa ikut Pilkades 2023 mendatang. "4 desa di Kecamatan Air Periukan ikut Pilkades 2023 adalah Desa Lokasi Baru, Sukamaju, Talang Sebaris, Taba Lubuk Puding." ujarnya.

Dilanjutkannya walaupun proses dan tahapan Pilkades 2023 belum dimulai, namun desa desa yang akan mengikuti Pilkades, Pemdesnya sudh diingatkan. "Sekarang proses, juklak dan juknis serta tahapan Pilkades 2023 belum turun dari kabupaten, namun pihak pemerintah desa yang bersngkutan sudah diingtkan untuk melakukan berbagai persiapan di desa masing masing seperti terkait dengan anggaran pilkades dan kepanitiannya," imbuhnya.

 

Pada pelaksanaan pilkades mendatang ada perubahan aturan dari sebelumnya. "Aturan pilkades yang berubah yaitu jika sebelumnya setip desa hanya 1 TPS, namun pilkades berikut jika DPTnya 500 kebawah, maka cukup 1 TPS, tapi jika diatas 500 mata pilih, maka ada 2 TPS, juka diatas 1.000 mata pilih, maka TPS nya bis lebih dari 3, " tutupnya. (mrs

Sumber: