Dinsos Bersihkan ODGJ Tak Jelas

  Dinsos Bersihkan ODGJ Tak Jelas

Kabid Fakir Miskin Dinsos BS--

 

BENGKULU SELATAN - Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan (BS), saat ini terus menggelar razia orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkeliaran di kabupaten BS. Kemudian ODGJ tersebut dibersihkan.

 

"Kami menemukan ada satu orang ODGJ berkeliaran di jalan raya Desa Sukajaya, Kedurang Ilir,"ungkap Kepala Dinas Sosial BS, Efredy Gunawan S.STP MSi.

 

Dikatakan Efredy, ODGJ tersebut jenis kelamin pria, karena dikhawatirkan mengganggu warga, lalu pihaknya turun ke lapangan. ODGJ tersebut kemudian dicukur rambutnya. Lalu dimandikan. Kemudian diberikan pakaian yang layak. Setelah itu diberikan makan. Dengan begitu, diharapkan ODGJ tersebut tidak mengganggu warga.

 

"Baru sebatas pembersihan bisa kita lakukan, kalau kita tahu keluarganya tentu kita antar pulang, namun identitasnya tidak jelas,"ucap Efredy.

 

Efredy mengaku, ODGJ yang berkeliaran di BS selama ini rata-rata berasal dari luar BS. Bahkan sebelumnya, pihaknya sudah mengembalikan satu orang ODGJ ke keluarganya di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Sebab, setelah diidentifikasi identitasnya, ternyata berasal dari Lahat. Sedangkan yang berada di Desa Sukajaya yang ditemui belum diketahui identitasnya.

 

"Akan diidentifikasi ODGJ yang ada di BS, setelah itu kita serahkan kepada keluarganya dan kita juga akan bantu untuk evakuasi ke rumah sakit jiwa,"papar Efredy.

 

Efredy berharap di BS  ada rumah singgah. Sehingga ketika ada ODGJ terlantar atau ODGJ tanpa idenditas ataupun gelandangan yang ada di BS dapat ditampung di rumah singgah.

 

"Terus berusaha, agar di BS bisa dibangun rumah singgah untuk penampungan ODGJ atau pun orang terlantar,"pungkas Efredy.(yes)

 

Sumber: