Kadis Sosial BS Lacak ODGJ Terlantar

 Kadis Sosial BS Lacak ODGJ Terlantar

Kadis sosial BS--

 

BENGKULU SELATAN - Peduli terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terlantar dan tanpa memiliki identitas di Kabupaten BS. Kadis Sosial BS Efredy Gunawan, S.STP, M.Si melakukan koordinasi ke Rumah Sakit Jiwa Ketergantungan Obat (RSJKO) Soeprapto Bengkulu. Dalam koordinasi tersebut, disambut langsung  Direktur RSJKO Soeprapto Dr. Herry Pramana.

 

"Dalam rangka silaturahmi ke RSJKO sekaligus koordinasi mengenai penyelesaian ODGJ terlantar dan tanpa Identitas di BS,"kata Efredy.

 

Dikatakan Efredy, kunjungannya tersebut tidak lain untuk berkoordinasi terkait permasalahan ODGJ tanpa identitas di BS, Sebab bisa dibawa ke RSJKO Soeprapto Bengkulu atau tidak. Karena, dari pantauan yang dilakukan tim lapangan, saat ini diketahui ada tujuh ODGJ terlantar yang berkeliaran di Kota Manna dan sekitarnya. Data tersebut dihimpun dari berbagai laporan masyarakat.

 

"Saya harap ODGJ terlantar dan tanpa memiliki identitas tetap bisa di evakuasi ke RSJKO. Saat itu, Direktur RSJKO menjawab bahwasanya kalau sifatnya urgent harus segera dibawah ke RSJKO untuk penanganan,"tutur Kadis.

 

Selain itu, Efredy juga berkoordinasi dengan pihak RSJKO terkait masalah korban pasung. Mengingat, saat ini pengaman dengan cara pasung bagi ODGJ sudah tidak diperbolehkan lagi. Sebab, tak jarang warga ODGJ menjadi korban pasung oleh pihak keluarganya lantaran takut membahayakan.

 

"Respon baik pihak RSJKO terkait ODGJ terlantar. Bahkan, korban pasung yang belum ada BPJS Kesehatan pun untuk segera dievakuasi ke RSKJ Bengkulu. Asalkan dapat persetujuan dari keluarga,"pungkas Efredy.(yes)

 

Sumber: