Tahun 2023, DD BS Naik Rp. 3 M// ADD Rp. 6 M

  Tahun 2023, DD BS Naik Rp. 3 M// ADD Rp. 6 M

dana desa--

 

BENGKULU SELATAN - Besaran anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2023 bakal mengalami kenaikan atau penambahan dibandingkan tahun ini. DD diproyeksikan mengalami peningkatan Rp 3 miliar, dari Rp.102 miliar menjadi Rp.105 miliar.

Sedangkan untuk alokasi ADD ada penambahan Rp 6 miliar. Akan tetapi alokasi ini belum final karena masih dalam proses pembahasan anggaran di TAPD dan DPRD BS. Namun tetap dipastikan ada penambahan, diperkirakan untuk ADD tahun depan disiapkan anggaran menjadi Rp 59 miliar untuk 142 desa di BS.

 

"Ya, besaran DD tahun ini Rp. 102 miliar sedangkan ADD Rp 52 miliar. Informasinya ada tambahan lagi di tahun depan atau ada kenaikan dibandingkan anggaran tahun ini, namun kepastian ini masih menunggu regulasi, termasuk penuntasan Raperda APBD BS yang kini masih proses pembahasan,"ungkap Kepala BPKAD BS, Nuzmanto M.Adil melalui PPTK DD/ADD, Ujang Ali S.Sos.

 

Dikatan Ujang Ali, kenaikan DD ditetapkan pemerintah pusat, ini bisa jadi sejalan dengan rencana untuk tahun depan dianggarkan biaya operasional bagi Kades yang ditetapkan 3 persen dari DD yang diterima masing-masing desa. Akan tetapi, untuk teknis kepastian biaya operasional Kades ini tetap masih menunggu juklak dan juknis dikeluarkanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI.

 

"Dipastikan ada penambahan alokasi DD, dan termasuk untuk biaya operasional Kades, karena selama ini biaya operasional Kades selalu dikeluhkan lantaran belum tersedia di DD, sementara tugas dan perjalanan dalam urusan kerja cukup banyak,"pungkas Ujang sapaan akrap.(yes)

 

 

Sumber: