Baru 35 Desa Cairkan DD Tahap Akhir

 Baru 35 Desa Cairkan DD Tahap Akhir

Nofentri--

 

PEMATANG AUR - Sampai kemarin dari 182 desa di Kabupaten Seluma, baru 35 desa yang yang sudah DD tahap ketiga atau tahap terakhir. Sedangkan selebihnya belum dilakukan pencairan, karena sedang dalam proses. Dan ada beberapa desa saat ini belum mengajukan rekomendasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Seluma.

Kepala DPMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan untuk desa yang belum mengajukan pencairan. Agar segera mengajukan pencairan. Sehingga bisa melaksanakan pembangunan ditingkat desa. 

"Untuk desa yang belum juga mengajukan pencairan agar segera mengajukan. Kemudian untuk usulan yang sudah memenuhi syarat akan kami berikan rekomendasi ke Badan Keuangan Daerah (BKD) agar segera diproses pencairannya," kata Nopetri, kemarin.

Menurutnya untuk desa yang belum mengajukan pencairan. Bisa saja karena terkendala karena program realisasi DD tahap II masih berjalan. Sehingga belum bisa menyiapkan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaannya. Dimana LPj tahap II merupakan syarat pencairan untuk DD tahap III saat ini. Sehingga desa diminta segera menyelesaikan realisasi tahap II untuk kemudian pengajuan DD tahap III.

"Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan besaran Rp300 ribu setiap bulannya. Sudah langsung ditransfer ke rekening desa. Oleh KPPN, karena untuk BLT tidak melalui usulan. Sehingga setiap tiga bulan rutin langsung ditransfer. Agar segera disalurkan kepada masyarakat penerima," tutupnya.(adt)

 

Sumber: