Kemensos Data Lansia Rentan Ekonomi

 Kemensos Data Lansia Rentan Ekonomi

Pendataan lansia--

 

ULU TALO - Kementrian Sosial (Kemansos), melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu dan Dinas Sosial Kabupaten Seluma kembali melakukan pendataan ulang lansia disabilitas rentan ekonomi. pendataan warga kurang mampu dilakukan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Tenaga sukarela ini, langsung turun ke desa untuk mendata langsung nama-nama warga.

Dikatakan TKSK Rian didikonfirmasi kemarin (27/10), mengatakan pendataan lansia rentan ekonomi menjadi pekerjaan rumah (PR), yang harus difokuskan. pendataan juga langsung menemui lansia atau warga kurang mampu agar nama-nama lansia tersebut terdata di Dinas Sosial. ‘’Kami sebagai tangga TKSK harus terjun ke lapangan untuk memastikan kondisi warga, agar nanti bisa mendapatkan program bantuan dari pemerintah. Saat ini pendataan lansia sedang berjalan. Insya Allah dalam waktu dekat ini nanti data sudah lengkap dan bisa kami serahkan ke Dinas Sosial. Pelaksanan pendataan juga kami meminta bantuan kepada Kades untuk memberi informasi dimana saja warga yang mengalami rentan ekonomi. Jika nanti sudah terdata pihaknya akan menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Sentra Dharma Guna Bengkulu melalui Dinas Sosial Kabupaten nanti juga akan didamping langsung oleh pihak Sentra Dharama Kota Bengkulu. Saat ini kerja kami melakukan pendataan secara akurat,’’jelasnya.

 

pendataan kembali ini salah upaya pemerintah untuk membantu lansia yang mengalami rentan ekonomi

 Dalam pendataan tersebut salah warga Desa Hargo Binnagun Muktar Rudin (50) yang mengalami cacat seumur hidup menyampaikan terima kasih kepada petugas yang telah mendata namanya untuk mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial.

"Dengan melakukan pendataan ini warga kurang mampu dan mengalami cacat dapat menerima bantuan merata. Disamping TKSK dalam pendataan tersebut membutuhkan waktu lama sekitar 3 minggu, karena pendataan yang mereka lakukan secara detil, juga mendatangi langsung rumah warga yang bersangkutan untuk mengambil informasi,’’demikian Rian..(apr) 

 

Sumber: