KTNA Ulu Talo Dibentuk

KTNA Ulu Talo Dibentuk

Pembentukan KTNA Ulu Talo--

ULU TALO - Penyuluhan  Pertanian melakukan pembentukan pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Ulu Talo. Pengurusnya terdiri dari Ketua kelompok tani dan kelompok wanita tani (KWT) se-Kecamatan Ulu Talo. Seluruh kelompok tani terhimpun dalam kelompok tani nelayan andalan, ada perkebunan pertanian peternakan dan perikanan.
Diungkapkan Penyuluh Pertanian Suadi dikonfirmasi kemarin (20/10), dia mengatakan pelaksanaan pengukuhan pengurus kelompok tani, nelayan tersebut tahun 2022 telah dilaksanakan.
Dijelaskan  Koordinator Penyuluhan Pertanian Eko, ketuanya Suadi langsung dipilih oleh anggota kelompok tani yang hadir dalam kegiatan tersebut. 
Dijelaskan Suadi, tujuan pembentukan Kelompok KTNA ini untuk membantu Pemerintah Kabupaten Seluma menyukseskan program pembangunan pertanian baik sektor tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan maupun perikanan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Acara Pengukuhan Kelompok KTNA ini dihadiri kelompok kontak, tani, nelayan dan tenaga penyuluhan pertanian. 

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa, fungsi Kelompok KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petani, nelayan dan sebagai mitra kerja Pemerintah dalam pembangunan pertanian yang dibentuk berdasarkan hasil musyawarah beberapa waktu lalu. 
Menyampaikan bahwa, pengembangan pertanian diarahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan para petani dan keluarganya guna mewujudkan pertanian yang maju dan tangguh. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan keterpaduan antara pendekatan wilayah, usahatani dan komoditas yang digelar dalam skala usaha tani yang mengarah kepada masyarakat. Kepengurusan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang baru Kecamatan Ulu Talo dapat menghasilkan. Menyampaikan bahwa, Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) adalah sebuah lembaga independen yang berfokus pada pemberdayaan di sektor hortikultura, dalam mewujudkan hal tersebut keterpaduan antara tani. "Dirinya juga mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan, dengan harapan kepengurusan yang baru ini dapat mengemban amanah dan bekerja dengan baik serta dapat bersinergi dalam mengelola KTNA demi kemajuan pertanian secara luas, "Jelasnya.(apr) 

Sumber: