KPU Verifikasi Faktual 1.620 Keanggotaan Parpol

 KPU Verifikasi Faktual 1.620 Keanggotaan Parpol

KPU Seluma melakukan verifikasi--

 

PEMATANG AUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma hari ini akan melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan. Dari sembilan Partai Politik (Parpol) ada 1.620 sampel yang akan didatangi satu persatu oleh KPU untuk melakukan verifikasi keanggotaan.

 

"Untuk verifikasi faktual keanggotaan Parpol sampel yang akan kita datangi sebanyak 1.620 orang terbagi di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma. Untuk verifikasi faktual keanggotaan Parpol kita di KPU ada 12 tim. Seluruhnya mulai besok (hari ini) akan turun ke lapangan," kata Hendri Arianda, SP Komisioner KPU Seluma, kemarin (17/10).

 

Dijelaskan Henri, verifikasi faktual keanggotaan Parpol ini memiliki batas waktu yaitu sampai dengan tanggal 4 November. Namun dalam hal ini KPU Seluma menargetkan 1.620 keanggotaan tersebut akan selesai verifikasi keanggotaan di bawah tanggal 4 November. 

"Untuk tim kita ada 12 tim. Namun tentunya tim ini tidak bisa melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan Parpol setiap hari. Meski tidak ada target optimasi kita itu sebanyak-banyaknya yang diverifikasi dalam tempo satu hari. Mengingat batas waktunya hanya 4 November," jelasnya.

Untuk jadwal verifikasi faktual keanggotaan dikatakan Henri berdasarkan dengan kecamatan lalu selanjutnya desa. Apabila di satu desa ada keanggotaan Parpol maka nantinya desa tersebut yang akan menjadi tujuan verifikasi faktual keanggotaan.

"Untuk tim selain kita ada fasilitas kendaraan operasional kantor. Kemudian juga kita akan menggunakan kendaraan pribadi untuk verifikasi faktual keanggotaan Parpol," jelasnya.

Kemudian sebelumnya KPU sudah melaksanakan verifikasi faktual kepengurusan Parpol. Ada satu anggota Parpol yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ini lantaran sakit. Sehingga sarana video call dilakukan oleh petugas KPU. Jumlah Parpol yang sudah dilakukan verifikasi adalah 9 Parpol. Dari sembilan Parpol yang diverifikasi faktual kepengurusan yang dilakukan verifikasi adalah terkait dengan keterwakilan perempuan dalam kepengurusan dan juga sekretariat Parpol.(adt)

Sumber: