Lestarikan Adat Budaya, Warga Napal Gelar Syukuran Nasi Jambar

 Lestarikan Adat Budaya, Warga Napal Gelar Syukuran Nasi Jambar

Bupati Seluma hadiri kenduri --

 

NAPAL - Tradisi kenduri kembali dihidupkan oleh masyarakat Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma Kota. Dengan menggelar pentas seni budaya yang telah dilaksanakan sejak Selasa (4/10) malam. Yakni dengan menggelar tari renda, pencak silat dan juga tari berejung. Tradisi tersebut dilaksanakan hingga hari puncak yakni pada Rabu (5/10) pagi.

 

Dengan menggelar doa selamat dan syukuran dengan disertai pemotongan nasi jambar. Serta tausyiah dari tokoh ulama setempat.

"Kenduri itu dalam pengertian bahasa Indonesia itu adalah doa bersama atau hajatan. Ini untuk mengenang tradisi nenek moyang dulu. Ya, sebagai doa keselamatan bagi anak cucu, diberi keselamatan, kekuatan, damai di masyarakat dan mintak diberikan rezeki murah," sampai Ketua BMA Kabupaten Seluma, Suarto.


--

Kegiatan kenduri diadakan masyarakat Kelurahan Napal ini merupakan doa bersama atau hajatan. Sebagai tanda ingat tradisi leluhur dengan menggelar kendurian besar. Dalam kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE.

 

Bupati Seluma sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai perwujudan visi dan misi programnya dalam melestarikan budaya Serawai. Yakni Seluma beragama dan berbudaya.

"Hari ini kita melaksanakan kendurian di Kelurahan Napal, dalam rangka program Seluma beragama dan berbudaya. Kita harapkan kegiatan kedurian seperti ini terus dilaksanakan di tahun depan," singkatnya.(ctr)

 

Sumber: