Sudah 6200 Vaksin PMK Disuntikkan, Stok Tinggal 100

Sudah 6200 Vaksin PMK Disuntikkan, Stok Tinggal 100

Vaksin Ternak--

 

PEMATANG AUR - Dari 6.300 vaksin Penyakit Mulut Kaki (PMK) saat ini stok vaksin tinggal 100 dosis. Sebanyak 6.200 vaksin PMK sudah didistribukan oleh petugas Dinas Pertanian Kabupaten Seluma.

Menyikapi hal ini kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial menyampaikan ke depan stok PMK akan kembali mengajukan penambahan vaksin PMK.

"Jadi perkembangan PMK saat ini di Kabupaten Seluma data yang update milik kita ada sebanyak 192 kasus. Untuk vaksin Insya Allah, kemarin ada informasi dari Provinsi. Kalau sisa dosis ini selesai didistribusikan, nanti bantuan obat-obatan dan penambahan vaksin tahap ketiga kemungkinan segera sampai dari kementerian," kata Arian, kemarin.

Kemudian dijelaskan olehnya bahwa meski angka kasus PMK tinggi, angka kesembuhan juga tinggi. Sehingga dalam hal ini peternak atau pemilik sapi tidak perlu khawatir apabila sapi mereka terindikasi terjangkit PMK.

Melalui penanganan yang tepat, dan melalui pemberian obat alternatif dan obat medis maka sapi tersebut dapat sembuh. 

Sementara itu Davit Viter Olele dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma menyampaikan langkah yang harus masyarakat atau petani lakukan apabila sapi terjangkit PMK yaitu dengan pemberian obat. Dan juga melakukan isolasi terhadap sapi yang diduga terjangkit PMK. Karena menurutnya PMK ini bisa menular melalui makanan, dan juga bisa menular akibat kontak sapi.(adt)

 

Sumber: