Kirab Bendera Terpanjang Capai 4 Ribu Km

 Kirab Bendera Terpanjang Capai 4 Ribu Km

Pelajar BS bentangkan bendera--

 

BENGKULU SELATAN - Sepanjang 4 ribu Km lebih bendera merah putih dikibarkan melalui kirab star dari lapangan Sekundang depan ruang dinas bupati lalu mengelilingi jalan lintas perkotaan kota Manna rute mulai depan kantor DPR jalan Sudirman - simpang Tugu Adipura jalan Ibul - jalan Ibul Simpang Raswi - jalan Kutau Meddan tugu KB - jalan Tugu Pengadilan melewati kantor Jaksa Manna hingga finis di lapangan Sekundang depan kantor bupati.

Acara start mulai sekitar pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 11.30 WIB. Hal ini dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022 diinisiasi Komunitas Pemuda Kreatif (KPK) Bengkulu Selatan (BS), kemarin (24/8/2022) acara berjalan sukses.

"Kita mampu menggelar kirab bendera merah putih terpanjang bukan hanya se- indonesia tapi sedunia," ungkap ketua KPK BS, Siharman saat pelepasan peserta kirab bendera terpanjang di lapangan Sekundang, Kota Manna.

Disebutkan Siharman, bendera merah putih dibentangkan sepanjang 4.269 km. Adapun peserta yang membentangkan sebanyak 10 ribu orang. Mereka terdiri dari kalangan pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat. Kemudian para guru dan kepala sekolah, para kepala desa dan perangkat desa, TNI, Polri, Satpol PP dan semua lapisan masyarakat BS. Bendera tersebut juga dijahit warga BS dengan melibatkan 8 penjahit. 

"Bentangkan bendera dibagi 11 bagian dengan panjang yang sesuai dengan nilai sejarah, yakni bendera merah putih dibentangkan oleh 11 kelompok dengan rincian ada kelompok pertama membentangkan sepanjang 1945 meter. Kelompok kedua sepanjang 77 meter, kemudian kelompok lainnya ada yang membentangkan 17 meter, 8 meter, 4 meter, 54 meter, 2022 meter.72 meter, 45 meter, kemudian ada lagi kelompok 17 dan 8 meter,"kata Siharman. "Pembentangan bendera merah putih ini tidak tercatat di rekor MURI, sebab kita tidak ada biaya untuk mendaftarkannya,"keluh Siharman.

Namun demikian, tujuan dari membentangkan bendera terpanjang tersebut bukan untuk memecahkan rekor MURI, namun untuk memberikan kebanggaan kepada BS, jika kita bisa membentangkan bendera terpanjang.

Sementara itu, Sekda BS Sukarni Dunip SP,M.Si mengapresiasi kepada KPK BS yang telah sukses menggelar kirab bendera terpanjang sedunia, dan berharap dengan kegiatan itu dapat memberikan motivasi kepada masyarakat BS untuk semakin cinta tanah air dan semakin cinta produk dalam negeri. "Bangga dengan hadirnya KPK yang mampu menggelar kegiatan seperti ini, dan bisa menginspirasi pemuda BS lainnya untuk dapat berbuat yang terbaik bagi BS,"pesan Sekda.(yes)

Sumber: