Optimalkan PAD Melalui Balik Nama Perusahaan Perkebunan

 Optimalkan PAD Melalui Balik Nama Perusahaan Perkebunan

 

PEMATANG AUR - Pemerintah Kabupaten Seluma diharapkan bisa meningkatan Pendapatan asli daerah (PAD) melalui program balik nama perusahaan perkebunan yang sudah memiliki lahan dan membeli lahan di Kabupaten Seluma. Menurut anggota DPRD Seluma dapil Tenno Heika S.Sos. Potensi untuk meningkatkan PAD dari balik nama tersebut sangat bagus.

Dan bisa menambah PAD Seluma ke depannya. "Khusus Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) harus segera meningkatkan PAD Seluma melalui program balik nama ini. Karena ini sangat potensial sekali di lakukan di Seluma ini," kata Tenno kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, PT BLS, dan PT AIP serta beberapa perusahaan lainnya untuk balik nama. Terlebih lagi di Seluma banyak perusahaan perkebunan yang sudah membeli lahan perkebunan kepada warga saat ini. Sehingga inilah yang berpotensi besar bagi Seluma untuk meningkatkan PAD.

 

"Contohnya saja tahun sebelumnya PT MSS sudah balik nama dan berapa PAD bagi Pemda Seluma. Jelas ini sangat besar, sehingga bisa menutupi kekurangan  PAD pada sektor lainnya," jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Bapenda Seluma Yuyun Afrianto, SE kepada wartawan juga menerangkan, bahwa sumber PAD yang besar adalah berasal dari balik nama lahan dari perusahaan ke pribadi. Dan ini sudah terjadi pada tahun sebelumnya pada perusahaan PT MSS.

"Kita bekerja sama terlebih dahulu dengan perizinan untuk data-data perusahaan yang sudah balik nama termasuk juga dengan luas lahan perkebunan yang saat ini sudah dikelola," tambahnya.

Sudah mendapatkan data, barulah Pemda Seluma akan melakukan penyuratan serta menyarankan agar melakukan balik nama. Dan ini sudah mendapatkan persetujuan dari sekretaris daerah. Sehingga secepatnya akan dilakukan pengumpulan data serta nama perusahaan yang memang sudah seharusnya balik nama.

 

"Secepatnya akan kita koordinasikan dengan perusahaan dengan luasan lahan yang di miliki," tutupnya.(adt)

 

Sumber: