Peringati HUT RI, SMA 8 Seluma Upacara Tersendiri

 Peringati HUT RI, SMA 8 Seluma Upacara Tersendiri

perlombaan di SMAN 8 Seluma--

 

TALANG KABU -  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) tahun 2022, SMA Negeri 8 Seluma menyelenggarakan upacara bendera tersendiri. Upacara akan dilaksanakan [ada 17 Agustus mendatang di sekolah, dengan melibatkan seluruh dewan guru dan alumni SMA serta para siswa.

Dalam upacara nanti, Kepala Sekolah akan bertindak selaku inspektur upacara, para guru melakukan pembacaan UUD 45 sementara siswa dan akan mengibarkan sang saka merah putih yang akan diikut para siswa dan siswa serta dewan guru.

Dikatakan Kepala SMA Negeri 8 Seluma Mapren Wendi, M. Pd dikonfirmasi Radar Seluma kemarin (15/8), program upacara HUT RI secara mandiri sudah lama direncanakan namun baru terealisasi tahun ini. 

‘’Sejak lama kami rencanakan, akan tetapi belum terlaksana. Dan tahun ini, kami seluruh dewan guru serta siswa sepakat untuk melaksanakan di sekolah. Sebelum puncak HUT RI, sekolah juga melaksanakan berbagai kegiatan lomba yang dilakukan di sekolah seperti lomba tarik tambang antar siswa, lari dalam karung, lomba makan kerupuk, volley, lomba parut kelapa,’’jelasnya.

Ditambahkannya, upacara peringatan HUT RI ke-77 ini akan dilaksanakan di halaman sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk pembentukan nilai karakter siswa yaitu cinta tanah air dan bangsa, dan juga menanamkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme. Menyampaikan bahwa berdasarkan tema peringatan kemerdekaan RI tahun ini yang mengambil tema  “Indonesia Maju” bahwa kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa berperan aktif sesuai dengan kapasitas masing masing dalam mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan Indonesia Maju. 

"Meskipun dengan kondisi pandemi seperti saat ini, tapi tidak menjadi halangan untuk memajukan negara Republik Indonesia. Saya mengajak semua para siswa dan dewan guru untuk selalu mencintai negara yang kita sayangi ini dan meningkatkan penghargaan para jasa pahlawan yang telah membebaskan dari kesulitan hingga pada saat ini. Memang tahun sebelumnya kegiatan perayaan HUT RI di tindakan karena pada saat itu dilanda wabah covid-19, namun tahun ini meski masih ada wabah akan tetapi pemerintah telah memberi izin untuk melakukan kegiatan dalam perayaan HUT RI tahun 2022.  Akan tetapi semua tetap menjaga prokes kesehatan,’’bebernya.

 

 Menurutnya upacara tersendiri ini merupakan  suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah, peserta didik dan guru, pengawas sekolah komite sekolah orang tua wali murid. Upacara memang wajib dilakukan untuk wujud dari sebuah pengabdian dan penghormatan kepada jasa-jasa para pendahulu yang telah gugur demi memperjuangkan sang Merah Putih.

Para pahlawan dalam mengusir, merebut dan mempertahankan bumi pertiwi dari tangan penjajah tentunya tidak mudah. Mereka berjuang tanpa pamrih, bahkan rela berkorban dengan nyawa sebagai taruhanya. Untuk itu, kalian sebagai generasi muda penerus bangsa, jangan lupakan perjuangan dan jasa-jasanya para pahlawan yang sudah bersusah payah merebut kemerdekaan demi sang Merah Putih sebagai simbul bangsa Indonesia yang kita cintai bersama ini. Upacara yang akan dilakukan pihak sekolah merupakan sesuatu yang sangat berharga sekali bagi sekolah beserta anak didik kami agar lebih mengerti tentang bela negara dan wawasan kebangsaan, terutama perubahan sikap disiplin dan antusiasme yang mereka tunjukan dalam mengikuti setiap kegiatan disekolah,"ungkapnya.(apr) 

Sumber: