Disdik BS akan terapkan Kurikulum Merdeka

Disdik BS akan terapkan Kurikulum Merdeka

 

BENGKULU SELATAN - Ketua Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu,  Dra Widya Rosita bersama tim turun ke BS. Mereka hadir mensosialisasikan penerapan kurikulum merdeka untuk diimplementasikan pada dunia pendidikan di BS.

"Ya, hadirnya kami ini diharapkan penerapan kurikulum merdeka di BS bisa betul-betul dipahami secara utuh, terutama oleh para guru dan Kepala Sekolah, serta pemangku kepentingan dunia pendidikan di BS,"ungkap Widya Rosita saat  audiensi diruang rapat kantor Bupati BS, Rabu (3/8/2022).

Dikatakan Widya,  Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam  agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pengajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.  Dikatakannya, bahwa sosialisasi dan bimbingan teknis terkait dengan implementasi kurikulum merdeka ini dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi  tidak lagi melalui bimbingan teknis, melainkan melalui suatu flatform digital yang dibuat oleh Kementerian sehingga akan lebih mempermudah bagi para Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Para pemangku kepentingan dalam mengikuti mempelajaran kurikulum merdeka ini.

"Untuk Kepala Sekolah, para guru, dan termasuk juga rekan-rekan di Dinas Pendidikan tinggal membuat akun belajar di flatform ini, untuk selanjutnya kita bisa mengakses menu-menu dan fitur-fitur yang tersedia untuk bisa dipelajari dan diimplementasikan dalam kurikulum merdeka,"pungkas Widya.

Sementara itu, Wakil Bupati  BS, H Rifa'i Tajuddin S.Sos mendukung penerapan dan implementasi kurikulum merdeka ini. Sebab, akan sejalan  dengan visi dan misi Bengkulu Selatan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sejahtera dan berdaya saing. 

"Untuk implementasi kurikulum merdeka  nantinya akan  sejalan dengan program Pemda BS bidang pendidikan yakni program Wajib Baca Tulis Al-Qur’an,"beber Widya.

Oleh karena itu, dalam penerapan kurikulum merdeka nantinya, menegaskan akan  melakukan sosialisasi secara massif terhadap kurikulum ini. Selain itu pemda BS juga akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan UPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi dalam upaya mendorong agar pendidik dan tenaga kependidikan memanfaatkan platform merdeka mengajar secara optimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

"Dengan penerapan kurikulum merdeka mutu penting meningkat sehingga mampu melahirkan SDM yang cerdas, hebat serta handal,"papar Wabup.(yes)

 

Sumber: