Tidak Ada Penyekatan Jalur Mudik Lebaran 2022

Tidak Ada Penyekatan Jalur Mudik Lebaran 2022

 
radarselumaonline.comBENGKULU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa tidak akan memberlakukan penyekatan jalur mudik Lebaran 2022. 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu memastikan tak akan ada penyekatan dan pengamanan mudik lebaran di wilayah perbatasan di Provinsi Bengkulu
\"Tentunya ini menjadi fenomena yang harus dipersiapkan bagaimana mudik tetap bisa berjalan secara lancar dan aman, namun di sisi lain pandemi COVID-19 yang belum berakhir tetap bisa dikendalikan,\" kata Gubernur .
Untuk itu, Gubernur Rohidin meminta agar masyarakat pelaku mudik lebaran menyiapkan strategi menekan potensi kerawanan dari sisi keamanan maupun kesehatan.
\"Berkaca dari pengalaman sebelumnya, terjadi lonjakan kasus COVID-19 pasca libur panjang. 
Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan dan vaksinasi agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 usai libur panjang.
Namun, diketahui mudik pada 2022 akan sangat berbeda dengan 2020 dan 2021, namun akan lebih mirip dengan periode prapandemi seperti 2019 kendati ada persyaratan perjalanan, seperti harus sudah divaksinasi dosis ketiga (booster).
Bagi yang sudah divaksinasi dosis pertama atau kedua, masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik dengan syarat dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen atau RT-PCR.(ken)

Sumber: