Astra Financial dan Daihatsu Edukasi Pembeli Mobil LCGC Pertama, Soal Kelebihan Serta Harga

  Astra Financial dan Daihatsu Edukasi Pembeli Mobil LCGC Pertama, Soal Kelebihan Serta Harga

Astra Financial berkolaborasi dengan Daihatsu memberikan edukasi pengunjung GIIAS--

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.id – Astra Financial bersama PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation menghadirkan talk show edukasi keuangan bagi pengunjung GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2025 bertema kepemilikan mobil pertama. Program ini menyoroti mobil Low Cost Green Car (LCGC) sebagai solusi ideal bagi konsumen muda berusia 25-35 tahun dengan pendapatan minimal Rp 8 juta. Disampaikan pula informasi seputar keuntungan memilih mobil LCGC, serta cara memanfaatkan layanan keuangan yang tepat untuk mewujudkan mobil impian. 

BACA JUGA:Ada Kepsek Minta Baju Olahraga Disablon Seluma Emas, Wali Murid Keberatan

BACA JUGA:Ada PMK Baru Untuk Krypto, Indodax Lakukan Penyesuaian Biaya Pajak Sesuai PMK Nomor 50 Tahun 2025

 

Di dalam talk show yang diselenggarakan secara langsung pada Kamis (31/7/2025) di Main Booth Astra Financial, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, menghadirkan Marketing and Sales Astra Financial, Ariandana Wantho dan Hendra, serta Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono.

Membuka sesi diskusi tersebut, Marketing and Sales Astra Financial, Ariandana Wantho, menyebutkan bahwa di Indonesia, pembeli mobil pertama mendominasi pembelian mobil secara keseluruhan sebanyak 60%. Data tersebut menunjukkan bahwa proses motorisasi di kota-kota kecil dan daerah berkembang masih terus berlangsung.

”Pembeli mobil pertama yang mendominasi pasar otomotif nasional menunjukkan bahwa industri masih memiliki potensi untuk bertumbuh untuk digarap secara lebih luas. Mobil LCGC menjadi pilihan favorit bagi pembeli mobil pertama karena penggunaan bahan bakar yang irit, harga yang terjangkau, dan ramah lingkungan,” tutur Ariandana.

 

Di dalam penjelasannya, Ariandana juga menjelaskan bahwa peran industri keuangan turut memainkan peranan penting dalam memberikan fasilitas kemudahan bagi pembeli mobil pertama. ”Sebanyak 70% pembelian mobil di Indonesia dilakukan secara kredit, ini mempertegas bahwa peran layanan keuangan khususnya pembiayaan sangat penting dalam mengakomodir aksesibilitas masyarakat terhadap kendaraaan bermotor,” tutur Ariandana.

 

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono, turut mempertegas potensi mobil LCGC bagi pembeli mobil pertama. Daihatsu menjadi pangsa pasar nomor 1 untuk segmen LCGC di Indonesia.

”Berdasarkan data pangsa pasar, Daihatsu menjadi nomor 1 untuk segmen LCGC, yaitu sebesar 41%, sejak diluncurkan pada tahun 2026 Astra Daihatsu Sigra telah terjual lebih dari 425 ribu unit,” tutur Tri.

Mobil LCGC seperti Astra Daihatsu Sigra menjadi pilihan mobil keluarga dengan harga yang cukup terjangkau khususnya bagi pembeli mobil pertama. Selain itu, Sigra juga memberikan efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan kapasitas 7 penumpang. Selain itu, Astra Daihatsu Sigra juga cocok untuk keperluan usaha dan telah terbukti banyak pengguna yang telah menggunakan kendaraan tersebut bertahun-tahun.

Sumber: