Ia menambahkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah instrumen penting dalam menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan dasar yang layak. Yang mana beberapa aspek penting dari SPM, yakni memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan dasar yang layak, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, SPM menetapkan standar kualitas pelayanan yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang efektif dan efisien, SPM meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah dalam menyediakan pelayanan dasar yang berkualitas bagi masyarakat, SPM mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan evaluasi pelayanan dasar, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
"SPM dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dasar dan memastikan bahwa masyarakat mendapatkan hak-haknya yang layak,"demikian Sukarni.(yes)