Inilah Sederet Artis Indonesia Jadi Kepala Daerah, Walikota sampai Gubernur Part Satu

Kamis 03-10-2024,20:21 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

"Rano Karno, Dede Yusuf, Dicky Chandra dan Zumi Zola" 

Radar Seluma. Disway.id - Artis selama ini hanya di anggap hanya bisa berakting saja padahal di balik karir nya sebagai artis para artis ini juga memiliki bekal ilmu dan pendidikan yang mumpuni, bahkan tanpa di sadari ada yang memiliki gelar hingga S3 Doktor.
Sehingga dengan modal popularitas dan pendidikan yang mumpuni saat ini para artis mulai merambah karier ke dunia Politik.
 
Dunia Politik saat ini jadi salah satu hal yang sering dilakukan Artis Indonesia. Ada yang anjlok reputasinya, namun ada pula yang karir moncer dan mentereng hingga menjadi Kepala Daerah, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota bahkan Gubernur maupun Wakil Gubernur.
 
BACA JUGA:Marissa Haque Meninggal Dunia, Sebelumnya Sempat Mengajar
 
Berikut Artis-artis Indonesia yang pernah menjadi Kepala Daerah, ayoo siapa saja mereka yang beruntung...?? 
 
Pertama: Rano Karno.
 
Rano Karno merupakan Artis pertama yang menembus pangkat Kepala Daerah.
Ia menjadi Wakil Bupati Tangerang pada periode 2008-2011 mendampingi Ismet Iskandar sebagai Bupati Tanggerang.
 
Tak cukup sampai di situ pemeran Sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini naik tingkat menjadi Wakil Gubernur Banten 2012-2014 mendampingi Gubernur Ratu Atut yang pada akhirnya Ratu Atut tersandung kasus keberuntungan kembali berpihak dengan Rano Karno Bang Doel anak sekolahan hingga menjadi Gubernur Banten pada 2014–2017.
 
Rano Karno, S.I.P. lahir 8 Oktober 1960 merupakan seorang Aktor, Penyanyi, Politikus, Sutradara. 
Gagal kembali maju menjadi Calon Gubernur Banten 2017 Rano Karno mencalonkan diri Calon Legislatif DPR RI Dapil Banten III dan berhasil menjadi Anggota DPR RI masa jabatan 2019–2024, dan 2024 kembali maju menjadi Calon Legislatif DPR RI masa jabatan 2024-2019 dan kembali terpilih dari Partai PDIP Perjuangan 
 
Awal karir politik Rano Karno pada masa Reformasi berhasil menjadi Anggota MPR RI dari Partai Golkar dan pada tahun lalu kemudian bergabung bersama PDI Perjuangan.
Namun meskipun terpilih menjadi Anggota DPR RI masa periode 2014-2029 Rano Karno memilih mundur dari Anggota DPR RI dan memutuskan mendampingi Pramono Anung sebagai Calon Gubernur Jakarta dan menjadi Wakil Gubernur Jakarta masa jabatan 2025-2030 mendatang.
 
Rano Karno adalah putra dari Aktor Senior Indonesia, Soekarno M. Noor sekaligus adik dari Aktor Indonesia, Tino Karno dan kakak dari Artis Suti Karno atau Atun dalam Sinetron Si Doel anak sekolahan.
 
BACA JUGA:Aktor Andrew Andika Ditangkap Terkait Sabu
 
 
Kedua: Dede Yusuf
 
Dede Yusuf adalah bintang film Catatan Si Boy.
Ia berhasil menjadi politisi dengan jabatan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2008 sampai 2013. Kala itu Dede juga menegaskan tidak akan kembali ke industri hiburan sebagai artis. 
 
Siapa yang tidak kenal dengan Aktor Senior Dede Yusuf yang memiliki nama lengkap Dr. H. Dede Yusuf Macan Effendi, S.T., M.I.Pol. dan lahir 14 September 1966 merupakan  seorang Aktor, Politikus, dan Presenter berkebangsaan Indonesia. 
 
Dede Yusuf yang pernah memerankan Film Catatan Si Boy ini memutuskan terjun ke dunia Politik di awali dengan
Menjadi Anggota DPR RI periode 2004-2009 namun memutuskan mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat dan berhasil menjadi orang Nomor 2 di Jawa Barat sejak 13 Juni 2008 hingga 13 Juni 2013.
 
Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013, ia memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur berpasangan dengan Sekretaris Daerah Jawa Barat Lex Laksamana di nomor urut 3 namun gagal.
 
Setelah masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur berakhir, dan gagal mencalonkan menjadi Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf tidak berhenti berkontribusi untuk Negara.
 
Dede Yusuf mencalonkan diri menjadi Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat dan berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2014-2019 dan periode 2019-2024 kembali melenggang ke Senayan dari Partai Demokrat  dan kembali menunjukkan komitmennya dalam memperjuangkan hak-hak rakyat,
 
BACA JUGA:Inilah 7 Artis Indonesia Dengan Pernikahan Tersingkat. Siapa Saja Ayoo Kita Cari Tau.
 
Ketiga: Dicky Chandra
 
Dicky Chandra memiliki nama lengkap Raden Dicky Candranegara lahir 12 Mei 1974 merupakan seorang Aktor Senior, Pelawak, Presenter, Penulis Naskah, dan Politikus Indonesia. 
Dicky Chandra mengawali karir Politik nya dengan mencalonkan diri menjadi Wakli Bupati Garut Tampa Partai Politik melalui jalur independen dan berhasil menduduki jabatan sebagai Wakil Bupati Garut periode 2009 - 2013 
 
Namun pada September 2011 Dicky Chandra memutuskan mengundurkan diri sebagai Wakil Bupati Garut karena tidak ada kecocokan dengan Bupati Garut saat itu dijabat oleh Aceng H.M. Fikri yang sama berjuang merebut mengalahkan para pesaing nya dari jalur Partai Politik dan mereka berhasil meraih suara terbanyak saat itu.
 
Keempat: Zumi Zola
 
Zumi Zola yang memiliki nama asli yaitu H. Zumi Zola Zulkifli, S.T.P., M.A. dan bergelar Sri Paduko Anomsetio  lahir 31 Maret 1980 merupakan seorang Aktor Sinetron dan Film sekaligus seorang Politikus 
Zumi Zola merupakan putra seorang Politikus bernama Zulkifli Nurdin yang pernah menjabat Gubernur Jambi 2 Periode yaitu pada masa jabatan 1999–2004 dan 2005–2010.
 
Berlatar belakang keturunan seorang Politikus dan di dukung pendidikan S2 nya Zumi Zola mencalonkan diri sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi tahun 2011 dan berhasil menjadi orang Nomor 1 di Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi periode 2011-2016
 
Pada 2015, Zumi Zola memutuskan mengundurkan diri dari jabatan Bupati memutuskan untuk maju sebagai calon Gubernur Jambi. 
Dan Zumi Zola berhasil kembali terpilih dengan status lebih tinggi masa jabatan  dari 2016-2021.
 
Namun sejak April 2018 Zumi Zola harus merelakan Jabatan Gubernur yang ia emban akibat tersangkut kasus korupsi. 
Jabatan sebagai Gubernur Jambi hanya ia jabat dari 12 Februari 2016 sampai  dengan 10 April 2018 untuk periode 2016–2021 dan jabatan Gubernur Jambi di gantikan oleh Wakil nya.
 
Itulah deretan Para Artis yang berhasil menjadi Kepala Daerah namun masih ada beberapa lagi yang belum kita bahas dan akan kita bahas pada Part selanjutnya nya. (djl)  Bersambung Part 2
 
Kategori :