NetApp Mendukung Masa Depan AI dengan Infrastruktur Data Cerdas

Kamis 26-09-2024,02:00 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

Pembuatan namespace metadata global untuk mengeksplorasi dan mengelola data dengan cara yang aman dan patuh di seluruh aset multi-cloud hybrid milik pelanggan guna memungkinkan ekstraksi fitur dan klasifikasi data untuk AI. NetApp secara terpisah hari ini mengumumkan integrasi baru dengan perangkat lunak AI NVIDIA yang dapat memanfaatkan namespace metadata global dengan ONTAP untuk mendukung enterprise retrieval augmented generation (RAG) untuk AI agen.

Alur data AI yang terintegrasi langsung , memungkinkan ONTAP menyiapkan data tak terstruktur untuk AI secara otomatis dan berulang dengan menangkap perubahan tambahan pada set data pelanggan, melakukan klasifikasi dan anonimisasi data yang didorong oleh kebijakan, menghasilkan penanaman vektor yang sangat mudah dikompresi, dan menyimpannya dalam DB vektor yang terintegrasi dengan model data ONTAP, siap untuk penelusuran semantik skala tinggi dan latensi rendah, serta inferensi pembuatan augmented generation (RAG).

Arsitektur penyimpanan terurai yang memungkinkan pembagian penuh backend penyimpanan, yang memaksimalkan pemanfaatan jaringan dan kecepatan flash serta menurunkan biaya infrastruktur, meningkatkan kinerja secara signifikan sekaligus menghemat ruang rak dan daya untuk beban kerja AI berskala sangat tinggi dan intensif komputasi seperti pelatihan LLM. Arsitektur ini akan menjadi bagian integral dari NetApp ONTAP, sehingga akan mendapatkan manfaat dari arsitektur penyimpanan terurai tetapi tetap mempertahankan fitur ketahanan, manajemen data, keamanan, dan tata kelola ONTAP yang telah terbukti.

 

Kemampuan baru untuk layanan cloud asli guna mendorong inovasi AI di cloud. Di semua layanan cloud aslinya, NetApp berupaya menyediakan platform data terpadu dan terpusat untuk menyerap, menemukan, dan membuat katalog data. NetApp juga mengintegrasikan layanan cloud-nya dengan gudang data dan mengembangkan layanan pemrosesan data untuk memvisualisasikan, menyiapkan, dan mengubah data. Kumpulan data yang disiapkan kemudian dapat dibagikan dengan aman dan digunakan dengan layanan AI dan pembelajaran mesin penyedia cloud, termasuk solusi pihak ketiga. NetApp juga akan mengumumkan integrasi terencana yang memungkinkan pelanggan menggunakan Google Cloud NetApp Volumes sebagai penyimpanan data untuk BigQuery dan Vertex AI.

"Organisasi dari berbagai skala tengah bereksperimen dengan GenAI untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat inovasi," kata Krish Vitaldevara, Wakil Presiden Senior, Platform di NetApp. "NetApp memberdayakan organisasi untuk memanfaatkan potensi penuh GenAI guna mendorong inovasi dan menciptakan nilai di berbagai aplikasi industri. Dengan menyediakan infrastruktur data cerdas yang aman, terukur, dan berkinerja tinggi yang terintegrasi dengan platform terkemuka di industri lainnya, NetApp membantu pelanggan mengatasi hambatan dalam penerapan GenAI. Dengan menggunakan solusi ini, bisnis akan dapat menerapkan data mereka ke aplikasi GenAI dengan lebih cepat dan efisien serta mengalahkan pesaing."

 

BACA JUGA:Batas Desember, Pelayanan Puskesmas Tais ke Gedung Public Safety Center

BACA JUGA:Hasil Sawit Turun, Saat Panen Tiba Petani di Dahului Maling

NetApp terus berinovasi dengan ekosistem AI:

Domino Data Labs memilih Amazon FSx untuk NetApp ONTAP: Untuk memajukan operasi pembelajaran mesin (MLOps), NetApp telah bermitra dengan Domino Data Labs, yang menggarisbawahi pentingnya integrasi yang lancar dalam alur kerja AI. Berlaku mulai hari ini, Domino menggunakan Amazon FSx untuk NetApp ONTAP sebagai penyimpanan dasar untuk Domino Dataset yang berjalan di platform Domino Cloud guna memberikan kinerja yang hemat biaya, skalabilitas, dan kemampuan untuk mempercepat pengembangan model. Selain Domino yang menggunakan FSx untuk NetApp ONTAP, Domino dan NetApp juga telah memulai pengembangan bersama untuk mengintegrasikan platform MLOps Domino langsung ke NetApp ONTAP agar lebih mudah mengelola data untuk beban kerja AI.

Ketersediaan Umum AIPod dengan Lenovo untuk NVIDIA OVX : Diumumkan pada bulan Mei 2024 , NetApp AIPod dengan server Lenovo ThinkSystem untuk solusi infrastruktur konvergen NVIDIA OVX kini tersedia secara umum. Solusi infrastruktur ini dirancang untuk perusahaan yang ingin memanfaatkan kemampuan AI dan RAG generatif untuk meningkatkan produktivitas, menyederhanakan operasi, dan membuka peluang pendapatan baru.

Kemampuan baru untuk FlexPod AI : NetApp merilis fitur baru untuk solusi FlexPod AI, infrastruktur hibrida dan platform operasi yang mempercepat penyampaian beban kerja modern. FlexPod AI yang menjalankan RAG menyederhanakan, mengotomatiskan, dan mengamankan aplikasi AI, sehingga memungkinkan organisasi memanfaatkan potensi penuh data mereka. Dengan komputasi Cisco, jaringan Cisco, dan penyimpanan NetApp, pelanggan merasakan biaya yang lebih rendah, penskalaan yang efisien, waktu yang lebih cepat untuk memperoleh nilai, dan risiko yang berkurang.

BACA JUGA:Promo Spesial Toyota Mobil Avanza Menjadi Favorit dan Pilihan Utama Kelurga Indonesia

"Penerapan AI memerlukan sekumpulan infrastruktur teknologi yang disetel dengan baik agar dapat bekerja sama dengan sempurna," kata Mike Leone, Practice Director, Data Analytics & AI, Enterprise Strategy Group, bagian dari TechTarget. "NetApp menghadirkan kemampuan penyimpanan dan manajemen data yang tangguh untuk membantu pelanggan menjalankan dan mendukung jalur data AI mereka. Namun, penyimpanan hanyalah satu bagian dari teka-teki. Dengan berkolaborasi dengan vendor terkemuka lainnya di bidang infrastruktur AI, pelanggan NetApp dapat yakin bahwa solusi perangkat lunak komputasi, jaringan, penyimpanan, dan AI mereka akan terintegrasi dengan mulus untuk mendorong inovasi AI."

Kategori :