Pelaku Pasar Masih Menunggu, Keputusan Suku Bunga Acuan The Fed

Selasa 17-09-2024,17:31 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

 

JAKARTA, Radarseluma.Disway.Id, - Keputusan suku bunga acuan menjadi fokus pelaku pasar minggu ini.

Kepastian arah suku bunga acuan akan menjadi fokus pelaku pasar domestik dan global minggu ini. Dewan Gubernur Bank Indonesia akan melangsungkan rapat pada 18 Sep-24 september 2024. untuk memutuskan arah suku bunga kebijakan (BI Rate). Bank Indonesia memegang peranan penting dalam menentukan suku bunga acuan yang dapat mempengaruhi berbagai aspek ekonomi, seperti inflasi, nilai tukar, dan aktivitas investasi.

 

BACA JUGA:BSI Siap Akselerasi Global Hub & Islamic Ecosytem, Dukung Indonesia Islamic Financial Center (IIFC)

BACA JUGA:Diskon Potongan Harga Mitsubishi Pajero Sport 2024 Memiliki 15 Gambar Interior Tinggal Pilih

The Fed juga akan segera memutuskan arah kebijakan moneternya.

Pelaku pasar akan menantikan FOMC meeting Sep-24 dengan rilis Fed Guidance terbaru minggu ini. Perubahan dalam suku bunga atau kebijakan moneter AS dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang, aliran modal internasional, dan kondisi ekonomi di banyak negara karena The Fed merupakan salah satu bank sentral terbesar dan paling berpengaruh yang luas.

 

The Fed memberikan sinyal penurunan suku bunga sejalan dengan inflasi AS yang melandai.

Data-data AS yang mencakup indikator-indikator ekonomi utama seperti tingkat inflasi, pertumbuhan PDB, tingkat pengangguran, dan kondisi pasar tenaga kerja mulai mendukung penurunan suku bunga AS lebih cepat. Kekhawatiran pelemahan ekonomi, inflasi yang mulai mendekati target The Fed sebesar 2%, tingkat pengangguran AS yang masih tinggi sebesar 4,2% Agu-24, menjadi faktor-faktor yang dapat mendukung penurunan suku bunga AS.

 

Bank Indonesia dan The Fed diprediksi akan melonggarkan kebijakan moneter ke depan.

 

Kategori :