Takut Diabetes, Ini 8 Cara agar Nasi Putih Rendah Gula

Kamis 12-09-2024,15:14 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak dialami orang di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), lebih dari 500 juta orang hidup dengan diabetes pada 2021.

 

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil sangat penting, terutama melalui pilihan makanan. Nasi putih, yang menjadi makanan utama pada banyak negara, memiliki indeks glikemik (IG) tinggi yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

 

Hal ini membuat nasi putih kurang ideal bagi penderita diabetes. Namun, ada beberapa cara untuk membuat nasi putih lebih aman dan tetap bisa dinikmati.

 

Berikut ini delapan cara yang dapat membantu menurunkan kadar gula dari nasi putih bagi penderita diabetes, yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2024).

 

1. Memilih varietas beras yang rendah glikemik

Pilihlah varietas beras dengan IG rendah, seperti beras putih yang direbus, karena proses perebusan membantu menurunkan indeks glikemiknya.

Beras dengan IG rendah lebih lambat dicerna dan diserap, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin mengontrol berat badan.

BACA JUGA:Berikut Total Penderita Diabetes di Seluma!

BACA JUGA:Banyak Anak Kena Diabetes, Jokowi Cuma Larang Iklan Pangan Siap Saji Lebihi Batas Gula

2. Metode memasak

Kategori :