Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar Pukul 11.30

Selasa 03-09-2024,11:01 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

BACA JUGA:Suri Tauladan & Mukjizat Nabi Syu’aib Part Lima (Tamat)

BACA JUGA:4 Game Horor Rumah Sakit yang Bakal Bikin Malammu Tak Tenang

Selama kunjungan ini, Paus akan menempuh perjalanan hampir 33.000 km dan mengikuti lebih dari 40 acara. Ini adalah perjalanan terpanjang yang pernah dilakukan oleh Paus Fransiskus, meski dirinya kini sering menggunakan kursi roda karena masalah lutut dan punggung, serta sejumlah masalah kesehatan lainnya.

 

Pada Senin (2/9/2024), Paus menggunakan kursi roda saat menaiki pesawat, dibantu dengan lift mobil untuk memasuki pesawat. Dalam konferensi pers pada Jumat (30/8/2024), Vatikan menyatakan tidak ada tindakan pencegahan medis yang tidak biasa yang diambil untuk perjalanan ini.

 

"Kami mengambil tindakan pencegahan yang sama seperti biasanya," kata Direktur Kantor Pers Vatikan, Matteo Bruni dikutip dari Reuters.

 

Paus Fransiskus dikenal sebagai pendukung kuat persaudaraan dan harmoni antaragama. Di Indonesia, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi "Terowongan Silaturahmi" yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Katedral Katolik Jakarta.

 

Paus Fransiskus akan menemui Imam Besar Nasaruddin Umar, sebelum keduanya menghadiri pertemuan antaragama dan menandatangani deklarasi bersama. Peningkatan hubungan Kristen-Muslim adalah salah satu prioritas utama Fransiskus.

 

"Jika kita dapat menciptakan kolaborasi di antara kita, itu bisa menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia," kata Imam Besar Nasaruddin Umar dalam sebuah wawancara, dikutip dari Associated Press.

 

BACA JUGA:Maju Untuk Periode Ke 3, KPU Diminta Batalkan Pencalonan Rohidin Mersyah

BACA JUGA: Restorasi Kerajinan dengan Pesawat Nirawak, Melestarikan Tembok Besar Jinshanling

Kategori :