Kabar Terbaru Dari BMKG Isu Gempa Megathrust, Sebut Bukan Isu Baru! Berikut Nama Daerah Yang Terdampak

Minggu 25-08-2024,09:03 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

radarseluma.disway.id, INFO - Kabar terkait dengan gempa besar atau yang disebut Megathrust di Indonesia menjadi perbincangan.

 

Isu ini muncul usai gempa dahsyat berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) melanda Pulai Kyushu, Jepang pada 8 Agustus lalu.

 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono pun memperingatkan gempa dari dua zona megathrust, yakni Megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai-Siberut, tinggal tunggu waktu.

 

Masyarakat diminta waspada, karena ada dua zona sudah lama tak mengalami gempa atau ada seismic gap, yakni lebih dari dua abad. Biasanya, gempa besar punya siklusnya sendiri dalam rentang hingga ratusan tahun.

 

Walau beredar kabar gempa Megathrust sudah membuat pani masyarakat, sampai saat ini BMKG sendiri tidak dapat memastikan kapan bencana alam itu akan terjadi. 

 

Dilansir dari beberapa sumber, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut pihaknya terus membicarakan isu ini agar masyarakat bersiap menghadapi efek dari megathrust di Indonesia.

 

"Sebetulnya isu megathrust itu bukan isu yang baru. Itu isu yg sudah sangat lama. Tapi kenapa BMKG dan beberapa pakar mengingatkan? Tujuannya adalah untuk 'ayo, tidak hanya ngomong aja, segera mitigasi (tindakan mengurangi dampak bencana)," ujar Dwikorita, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (25/8/2024).

Kategori :